Jumat, 13 Oktober 2017

Penyebab Sakit kepala Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda sering merasakan sakit kepala sebelah kanan? Maka Anda harus waspada karena jika itu terus-trusan terjadi dan tak kunjung sembuh, bisa jadi terdapat potensi penyakit kronis.
obat sakit kepala
Sakit kepala sebelah kanan juga dapat menyerang siapa saja, termasuk pada anak kecil sekalipun. Nmun, banyak orang yang menganggap remeh pada penyakit ini dengan hanya membiarkannya berlalu, paling di atasi cuman memakai obat warung yang belum tentu sesuai dengan keadaan sakit yang anda derita. Padahal, sakit kepala sebelah kanan ini merupakan jenis penyakit yang biasa terjadi secara berulang dan terasa berdenyut-denyut pada salah satu sisi kepala.
Hebatnya denyutan pada sebalah kepala tidak dapat dipandang remeh, terlebih sakit seperti ini berhubungan dengan tekanan darah.

Sakit kepala yang satu ini berbeda dengan sakit kepala biasa yang hanya membutuhkan waktu istirahat beberapa menit lalu akan hilang dengan sendirinya.

Sakit kepala sebelah ini juga, tidak dapat diatasi hanya dengan obat warung biasa serta memerlukan waktu istirahat yang lebih lama. Oleh karena itu, Agar anda dapat terhindar dari terkena gangguan sakit kepala sebelah kanan, anda harus mengetahui penyebab timbulnya penyakit ini sehingga anda dapat mengurangi intensitasi terkena penyakit ini.

Sakit kepala sebelah kanan dapat disebabkan oleh beberapa hal yang terkadang sulit untuk didiagnosis.
 Apapun penyebabnya tentu ini dapat menganggu aktipitas anda seperti kerja, bermain, atau melakukan rutinitas harian lainnya.

Ada banyak kemungkinan penyebab sakit kepala sebelah kanan seperti migrain kronis, sinusitis, aneurisma, sakit kepala cluster, sakit kepala tegang.
Tentunya apabila anda mengetahui penyebabnya akan memudahkan kita adalam upaya mengatasinya.

 Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala sebelah kanan

1. Migrain kronis

Migrain keronis disebabkan oleh penyempitan dan pelebaran (bergantian) pembuluh darah di otak, hal seperti ini akan menyebabkan rasa sakit di kepala yang mungkin terasa berdenyut. Seringkali, rasa sakit kepala ini akan dilokalisasi di salah satu sisi kepala baik kiri ataupun kanan. Ini merupakan pemicu sakit kepala sebelah yang paling sering dan cukup populer.

Selain sakit kepala,Migrain akan terjadi secara berulang- ulang dan dirasakan pada satu atau dua sisi kepala Anda, terasa nyeri berdenyut sedang hingga parah, terasa semakin parah oleh aktivitas fisik harian. seseorang yang terkena gejala migrain keronis juga bisa mengalami gangguan penglihatan, mual, muntah dan gejala lainnya. Biasanya, migrain ini dipicu oleh stres, bau, lampu yang terlalu terang, makanan, minuman yang mengandung alkohol.
baca juga: Cara Ampuh Mengobati Sakit kepala Migrain Secara Alami
Mengobati sakit kepala sebelah kanan akibat migrain kronis
Mengobati sakit migrain keronis tidak ada obat yang khusus, akan  tetapi dokter dapat meresepkan salah satu dari sejumlah obat seperti sumatriptan, Sandostatin, DHE 45, dll untuk mengurangi gejala.

Di samping anda itu dapat pula mencoba perawatan sederhana di rumah, seperti:

Istirahat. Istirahatkan diri anda dan tidur yang cukup, karena kelelahan merupakan pemicu utama sakit kepala migrain keronis.

Relaksasi. Migren juga sering disebabkan oleh ketegangan pada otot, sehingga latihan relaksasi seperti yoga dan lainnya dapat menjadi solusi untuk mengatasi migrain keronis.

Hindari Pemicu. Kebanyakan penderita migrain tahu setidaknya beberapa hal yang memicu timbulnya sakit kepala sebelah, misalnya alkohol dan kafein dan yang sejenisnya.

Olah raga. Selain membuat tubuh menjadi sehat, olahraga juga dapat membantu mengurangi ketegangan yang mungkin menjadi penyebab migrain keronis.

2. Sinusitis 

Sinusitis terjadi ketika lapisan sinus di dalam tulang kepala menjadi meradang atau terinfeksi akibat polusi atau alergi. Sinusitis sering salah didiagnosis sebagai migrain atau jenis sakit kepala lainnya karena mungkin menyebabkan sama. Namun tetap bisa dibedakan dengan migrain, karena gejala migrain lainnya TIDAK sama atau berhubungan dengan sinusitis.

Untuk mengobati sakit kepala sebelah akibat sinusitis dapat mencakup antibiotik, obat antinyeri dan obat radang yang diresepkan oleh dokter. Perawatan di rumah didasarkan pada konsep mencegah sinusitis. Teknik-teknik pencegahan termasuk kebersihan tangan yang baik menghindari polusi udara dan penyebab iritasi sinus lainnya.

3. Klaster

Sakit kepala sebelah bagian kanan atas ini juga dapat dirasakan ketika anda terserang gejala sakit kepala klaster.
Sperti apa sakit kepala klaster? Yang dimaksud dengan sakit kepala klaster adalah rasa nyeri yang dirasakan pada salah satu bagian kepala dan terjadi di area sekitar mata.
Nah kondisi sakit kepala klaster ini seringkali dihubungkan dengan aktivitas pada bagian otak yang bernama hipotalamus.

Sakit kepala klaster ini biasanya terjadi disertai dengan beberapa gejala sebagai berikut:
  1. Salah satu pupil mata terasa mengecil 
  2. Salah satu kelopak mata mengalami pembengkakan atau turun
  3. Mata berair dan berwarna merah
  4. Hidung terasa berair, atau bahkan justru tersumbat seperti pada sinusitis.
  5. Telinga berwarna merah.
  6. Wajah mengeluarkan keringat.

 4. Aneurisma

Aneurisma adalah penonjolan (berbentuk seperti kantung) pada arteri di kepala yang mungkin tidak menimbulkan gejala apapun sampai menjadi sangat besar atau bahkan pecah.
Karena hal ini menimbulkan tekanan pada otak, maka sakit kepala bisa datang tiba-tiba dan sangat parah. Jika aneurisma di sisi kanan otak, maka terjadilah sakit kepala sebelah kanan.

Carapengobatannya: Jika aneurisma sampai menyebabkan masalah, pengobatan definitif yang diperlukan biasanya adalah operasi. Penyedia layanan kesehatan mungkin juga meresepkan obat statin dan merekomendasikan untuk mengontrol tekanan darah dan berhenti merokok.

5. Hemicrania continua. 

Hemicrania continua adalah sebuah jenis sakit kepala yang ditandai dengan gejala sebagai berikut:
  1. Dirasakan hanya pada satu sisi kepala.
  2. Terjadi dari hari ke hari secara terus menerus.
  3. Dapat menjadi parah dengan gejala menyerupai migrain.
  4. Kondisi ini dapat menyebabkan: hidung tersumbat atau justru berair serta mata merah pada bagian kepala yang terasa sakit.
  5. Pupil mata mengecil atau kelopak mata terkula

6. Tekanan dalam Rongga Kepala yang Meningkat atau Menurun

Adanya tekanan yang terjadi dalam rongga kepala yang meningkat atau justru malah menurun ini dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala bagian kanan atas dekat kening.
Kondisi ini biasanya karena gejala yang sama seperti sakit kepala biasa. Penyebab perbedaan tekanan dalam otak sangat banyak dan setiap penderita memiliki karakter yang berbeda.

7. Tumor otak

Penyebab lain dari terjadinya sakit kepala bagian kanan  ini adalah terdapatnya tumor otak.
Tumor otak adalah sebuah penyakit yang membahayakan yang harus segera di obati. Tumor otak bisa mengancam anak-anak hingga orang dewasa. bahkan penyakit ini termasuk salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

8. Cedera Otak

Salah satu penyebab sakit kepala sebelah adalah cedera otak.
Ada berbagai penyebab cedera otak seperti kecelakaan yang mengenai kepala, benturan yang sangat keras pada kepala, benturan kepala seperti pada pemain bola dan olahraga lain.

9. Sakit Kepala Tegang 

Sakit kepala tegang atau tension headache sering muncul sebagai nyeri tumpul di kepala dengan tekanan lokal pada satu sisi kepala. Anda juga mungkin mengalami rasa sakit atau seperti tertekan pada leher dan bahu.

Pengobatan untuk sakit kepala sebelah akibat tension headache biasanya berupa obat anti nyeri yang dapat dibeli bebas misalnya parasetamol atau ibuprofen, ataupun obat sakit kepala yang diresepkan oleh dokter.

Di samping itu perawatan sederhana juga penting seperti:
  1. Akupresur
  2. Mengurangi Stres 
  3. Kompres hangat pada daerah kepala dan leher 
  4. Pemijatan pada daerah leher dan kepala 
  5. Menghinsari postur tubuh monoton, misalnya terlalu lama didepan komputer, mengendarai mobil dalam waktu yang lama, dan sebagainya.

10. Depresi

Ketika Anda depresi, Anda lebih berpotensi untuk mengalami sakit kepala sebelah kanan ini.
Orang yang sering stres juga sangat rentan terkena depresi. Bahkan orang lanjut usia sangat sering terkena depresi karena  merasa kesepian. depresi banyak pemicunya pada berbagai usia.

11. Konsumsi Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dalam jangka panjang menyebabkan diri anda memiliki kondisi kesehatan yang dapat memburuk. Selain terkena resiko terjangkit penyakit kronis yang membahayakan, anda juga rentan terserang dengan berbagai penyakit ringan yang seringkali kita alami.
Salah satu penyakit tersebut adalah sering timbulnya sakit kepala, baik itu sakit kepala biasa maupun sakit kepala sebelah bagian kanan atas. Banyak efek bahaya kafein bagi tubuh yang dapat menyerang diri anda  kapan saja. Karena itu hindari terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi.

12. Obat Sakit Kepala

Tidak sedikit orang yang terserang sakit kepala kemudian mengkonsumsi obat sakit kepala yang dibeli dari warung. Biasanya obat sakit kepala yang dijual bebas tidak membutuhkan resep. Tapi kebiasaan ini justru bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk karena menyebabkan sakit kepala yang bandel.
Seharusnya mencoba terlebih dahulu beberapa cara mengatasi sakit kepala tanpa obat secara alami. Sebenarnya sakit kepala sebelah kanan ini jika terjadinya cuman sekali, tidak memerlukan pengobatan khusus.
Sakit kepala yang perlu mendapatkan pengobatan khusus adalah jika sakit kepala sebelah kanan ini sudah mengkhawatirkan, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

13.Tension Type Headache (TTH)

Biasanya sakit kepala seperti ini dialami oleh pelajar dan orang – orang yang berusia muda.
Sakit kepala ini terjadi karena adanya tekanan dari stressor sehingga menyebabkan munculnya kondisi stress dalam diri orang tersebut. Dan sakit kepala ini dapat hilang seiring berkurangnya tekanan dari stessor dan istirahat yang cukup.

Tanda-Tanda Sakit Kepala Parah

Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hal- hal berikut:
  1. Sakit kepala sebelah kanan yang terasa sangat hebat nyerinya.
  2. Sakit kepala yang tidak kunjung membaik, sampai harus melebihi dosis yang direkomendasikan dokter.
  3. Sering merasakan sakit kepala bagian kanan ini, misalnya dua kali atau lebih dalam jangka waktu seminggu.
  4. Sakit kepala yang disertai dengan demam, kejang, gangguan penglihatan, lemas, leher kaku, dan sulit bicara.
  5. Sakit kepala yang disebabkan karena cedera seperti kecelakaan.
  6. Sakit kepala tidak segera membaik, bahkan ketika sudah mengonsumsi obat- obatan.

Penyebab Lain Sakit Kepela Sebelah Kanan

Sebetulnya ada banyak penyebab sakit kepala sebelah kanan lainnya termasuk penyakit tertentu seperti herpes zoster, tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, ketegangan, dehidrasi, reaksi alergi, interaksi obat tertentu, ketegangan mata, sakit gigi atau gusi sebelah kiri, atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti tidur di bantal dengan posisi yang tidak nyaman.
Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala Belakang

Mengatasi dan Mencegah Sakit Kepala Sebelah Terulang

Ketika Anda terserang gejala sakit kepala sebelah, ada bebera hal yang dapat anda lakukan untuk membantu dokter mendiagnosis penyebab sakit kepala Anda dengan cara mencatat beberapa hal seperti berikut:
  • Kapan saja gejala mulai terasa, 
  • Berapa lama rasa sakit dirasakan, 
  • Kegiatan apa saja yang dilakukan sebelum serangan muncul, 
  • Dan apa saja obat-obatan dan penanganan yang anda lakukan ketika sakit kepala menyerang.
Mengatasi sakit kepala sebelah kanan tergantung pada hal yang menjadi penyebabnya.
Karena dokter juga umumnya akan memberikan obat-obatan sesuai dengan penyebab dan menyarankan untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat memicu sakit kepala.
Obat-obatan yang di berikan biasanya seperti:
  1. Suntikan botulinum toxin (Botox) dapat digunakan untuk pengidap yang tidak dapat mengonsumsi obat-obatan harian.
  2. Antidepresan untuk menangani depresi, gangguan tidur dan kecemasan.
  3. Penghambat beta, biasanya digunakan untuk menangani tekanan darah tinggi dan mencegah migrain episodik / berulang. baca ( Ramuan Obat Sakit Kepala Herbal Paling Ampuh )
  4. Beberapa obat-obatan anti-kejang juga dapat digunakan untuk mencegah sakit kepala kronis dan migrain.
Beberapa jenis sakit kepala sebelah juga terkadang masih terasa setelah mengkonsumsi berbagai obat-obatan. Jika terjadi demikian, maka diperlukan diagnosis lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sesungguhnya dari sakit kepala sebelah kanan tersebut.

Selain cara seperti di atas ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati sakit kepala sebelah kanan:

  1. Biasakan diri anda agar cukup istirahat, tidur yang teratur serta teratur setiap hari dengan durasi 7-8 jam.
  2. Hindari kebisa dan hal yang memicu sakit kepala sebelah kanan.  Alangkah baiknya anda mencatat kapan saja anda mulai merasakan sakit kepala. Apakah saat setelah mengonsumsi minuman beralkohol? Kemudian kurangi atau hindari konsumsi minuman serupa dan lihat apakah Anda masih merasakan pusing serupa.
  3. Minum air secukupnya. Karena kekurangan cairan dapat memicu sakit kepala.
  4. Jangan terlambat makan dan jangan terlalu banyak.
  5. Olahraga yang teratur, karena olah raga di samping dapat menyehatkan badan, juga dapat mencegah terjadi sakit kepala.
  6. Hindari setres dengan cara berpikir positif dan terorganisir.
  7. Hindari mengonsumsi obat-obatan secara keseringan, termasuk obat tanpa resep dokter yang bisa didapatkan di apotek. Karena mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas lebih dari dua kali sebulan bisa menyebabkan meningkat risiko Anda mengalami sakit kepala sebelah.
  8. Mengonsumsi teh sebagai aromaterapi yang dapat meringankan rasa sakit kepala sebelah kanan.
  9. Mengonsumsi peppermint atau chamomile tea.
  10. Terapi pengharum ruangan dengan aromatherapi.
  11. Mengonsumsi almond atau lada merah.
  12. Kompres kepala dengan menggunakan sari cuka apel.
  13. Kompres hangat pada daerah kepala dan leher 
  14. Pijat pada daerah leher dan kepala.
Baca juga: 17 Obat Sakit Kepala Alami dan Tradisional Paling Ampuh

Apakah Seseorang Yang Terserang Sakit Kepala Sebelah Kanan Harus Ke Dokter??

Anda harus segera menghubungi dokter, apabila:
  • Sakit kepala sebelah kanan disertai dengan demam atau leher kaku 
  • Mengalami kesulitan berbicara, atau kesulitan memahami seseorang yang berbicara kepada diri anda.
  • Kesulitan berjalan Gangguan penglihatan 
  • Terganggunya aktifitas harian
  • Sakit kepala yang di sertai kelemahan dan kesemutan.
  • Sakit kepala yang di sertai dengan pusing yang berputar, seakan bumi terbalik.
  • Sakit kepala yang terjadi setelah tidak lama terjadi cedra kepala.
Demikian pembahasan hari ini mengenai penyebab sakit kepala sebelah kanan dan cara mengatasinya. Sebenarnya masih banyak lagi hal yang dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan. Hal yang perlu diingat adalah bahwa jika anda merasakan sakit kepala sebelah kanan terus menerus dalam waktu 24 jam segera periksakan diri anda ke dokter kalau perlu dokter spesialis saraf agar tidak terjadi hal –  hal yang tidak diinginkan.semoga artikel ini bermanfaat. Obat Sakit Kepala
Previous Post
Next Post

0 komentar: