Selasa, 10 Oktober 2017

10 Obat Alami Sakit Kepala Terpercaya

10 cara untuk mengataisi sakit kepala

Sakit kepala, termasuk migrain adalah fitur yang sangat umum dalam kehidupan manusia. Ketidaknyamanan sakit kepala bisa berasal dari berbagai alasan dan beberapa individu mungkin memerlukan perawatan lebih sering daripada yang lain.

Beberapa sakit kepala mungkin disebabkan oleh pembuluh darah yang meluas yang menekan saraf sementara yang lain dapat dilacak pada stres, ketegangan dan kecemasan.
Ketidaknyamanan seringnya sakit kepala bisa membuat kehidupan sehari-hari lebih buruk dari yang seharusnya, namun sebagian besar dapat terbebas dengan beberapa pengobatan rumah yang benar dan diadili.

Berikut adalah beberapa solusi yang paling populer untuk sakit kepala.

1. Pijat
obat sakit kepala
Terapi pijat adalah salah satu pengobatan tertua yang diketahui efektif untuk sejumlah kondisi yang berbeda, termasuk mencari bantuan dari sakit kepala. Bila akses ke terapis tidak memungkinkan, pijat dapat dilakukan dengan tangan individu sendiri untuk menggabungkan aplikasi gosok dan tekanan titik nyenyak yang paling efektif.
Untuk meringankan sakit kepala, mulailah dengan menempatkan ibu jari di tulang pipi di dekat telinga dan menggunakan ujung jari untuk memberi tekanan lembut dan menggosok pelipisnya. Dengan menggunakan gerakan melingkar, perlahan gerakkan jari ke sepanjang garis rambut sampai mereka bertemu di tengah dahi. Ulangi sesuai kebutuhan. Cara sperti ini sudah terpercaya dan terbukti.

2. Peregangan
obat sakit kepala
Otot tegang dan tersumbat di punggung bagian atas, leher dan bahu seringkali bisa menyebabkan sakit kepala. Dalam skenario ini, melakukan beberapa peregangan untuk meringankan sakit kepala bisa menyasar ketegangan otot yang menyebabkan rasa sakit.
Beberapa peregangan bisa mencakup gerakan rentang leher, bahu mengangkat bahu, serta isometrik leher.
Melakukan gerakan peregangan ini dua kali sehari selama sekitar dua puluh menit per sesi dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Sebagai contoh, hanya menjatuhkan bahu membungkuk dapat membantu dalam menghilangkan rasa sakit yang dialami yang dapat menyebabkan sakit kepala yang tidak diinginkan.
baca juga:  Cara Ampuh Mengobati Sakit kepala Migrain Secara Alami

3. Meditasi
obat sakit kepala
Pendekatan meditasi yang berbeda dapat digunakan untuk menarik kembali perhatian dan mengalihkan pikiran dari masalah seperti rasa sakit kronis. Ini adalah praktik tubuh pikiran kuno yang bekerja dengan mengurangi stres yang berhubungan dengan sakit kepala.

Telah dipelajari bahwa individu yang mempraktikkan pengalaman meditasi spiritual mengurangi frekuensi sakit kepala dan meningkatkan toleransi akan rasa sakit. Hal ini mungkin disebabkan oleh aspek meditasi yang membantu dalam meningkatkan aktivitas bagian sistem saraf yang bertanggung jawab untuk memperlambat denyut jantung dan melonggarkan pembuluh darah dan karena itu menghambat bagian sistem saraf yang bertanggung jawab untuk stres.

4. Yoga
obat sakit kepala
Yoga adalah kombinasi dari pose fisik, latihan pernapasan sekaligus meditasi untuk mendorong relaksasi sambil menyeimbangkan pikiran dan tubuh. Diantaranya, postur fisik dalam mengarahkan fokus yoga pada gerakan sambil latihan pernapasan mendorong pernapasan dalam yang membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru. Bersama-sama, keduanya bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh dengan meningkatkan sirkulasi di tubuh. Kapan saja sirkulasi itu membaik, ia juga menurunkan aspek stres dan rasa sakit yang mungkin dialami tubuh.
Individu yang berlatih terapi yoga tidak hanya mengalami sakit kepala yang kurang menyakitkan dan kurang sering tapi juga kurang kecemasan.


5. Akupunktur
obat sakit kepala
Berasal dari pengobatan tradisional Tiongkok, akupunktur melibatkan penyisipan jarum halus ke titik-titik yang ditentukan dalam tubuh. Hal ini kemudian diikuti dengan stimulasi lembut jarum untuk meningkatkan aliran darah di jaringan. Dalam banyak variasi, akupunktur dapat dilakukan dengan menggunakan antara empat sampai sepuluh jarum yang tertinggal di tempat selama 10 sampai 30 menit.
Praktik ini telah terbukti bermanfaat bagi individu yang mengalami sakit kepala episodik atau ketegangan kronis sementara beberapa penelitian juga mengungkapkan hal yang sama untuk membantu mencegah atau setidaknya mengurangi sakit kepala migrain juga. Namun kami menyerankan cara sperti ini harus di lakukan oleh orang yang ahli untuk menghindari terjadi yang tidak di ingginkan

6. Hot Foot Bath dan Cold Compress
obat sakit kepala
Perendaman kaki di air panas telah terbukti untuk membantu meringankan sakit kepala. Hal ini dilakukan dengan menarik darah ke kaki dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kepala.
Sebagai terapi sakit kepala tanpa risiko, kompres dingin bisa diaplikasikan ke pelipis. Dengan mengoleskan beberapa es batu di kain cuci, atau sekantong sayuran beku di daerah yang terkena, kompres dingin dapat membantu dengan menyempitkan pembuluh darah sehingga mengecil dan berhenti menekan saraf sensitif. Dingin dari kompres juga bisa membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan sakit kepala.

7. Minyak lavender
obat sakit kepala
Minyak wangi tidak hanya berbau harum, juga merupakan obat yang berguna untuk mengobati sakit kepala. Minyak bisa dioleskan secara topikal atau terhirup. Untuk digunakan sebagai aplikasi topikal, pijat lembut dahi dan bait suci dengan sedikit minyak lavender dan kemudian berbaring kembali dan nikmati aroma yang menenangkan. Nah cara sperti ini sudah terpercaya dan terbukti.
Untuk digunakan sebagai perawatan uap untuk sakit kepala, gunakan dua sampai empat tetes minyak lavender dalam dua sampai tiga cangkir air mendidih dan hirup.


8. Minyak peppermint
obat sakit kepala
Demikian juga minyak peppermint juga dikenal sebagai obat rumah untuk mengatasi kesusahan sakit kepala. Karena kandungan mentolnya, minyak berbau segar ini memiliki sifat vasokonstriksi dan vasodilatasi yang membantu mengendalikan aliran darah ke dalam tubuh. Karena sakit kepala dan migrain seringkali disebabkan oleh aliran darah yang buruk atau tidak adekuat ke daerah yang terkena, minyak peppermint dapat membantu membuka dan menutup pembuluh darah yang meningkatkan aliran darah. Menghirup minyak peppermint juga membantu membuka sinus sehingga lebih banyak oksigen bisa masuk ke aliran darah.

9. Minyak kemangi
obat sakit kepala
Basil bekerja sebagai relaksan otot sehingga bisa berpotensi membantu sakit kepala akibat ketegangan dan otot yang kencang. Ini memiliki efek menenangkan dan analgesik yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Misalnya, menghirup beberapa tetes minyak basil yang dicampur dengan air mendidih dapat membantu meringankan sakit kepala, atau memijat minyak kemangi di dahi atau bait suci dapat meringankan rasa tidak nyaman sakit kepala.
Demikian juga teh yang direbus dengan daun kemangi juga bisa membantu mengobati sakit kepala yang berat..

10. Teh Linden
obat sakit kepala
Linden, juga dikenal sebagai pohon kapur menghasilkan bunga yang telah lama digunakan dalam pengobatan teh. Sifat terapeutik tanaman ini meliputi menenangkan syaraf, mengurangi kecemasan, mengurangi radang dan menawarkan fitur penenang. Bunga juga bisa digunakan dalam ekstrak cair, tincture dan kapsul.
Bila digunakan sebagai infus, teh linden telah dikenal untuk menghidupkan kembali sakit kepala sinus dan ketegangan, merilekskan pikiran dan mendorong tidur. Ramuan ini bisa ditoleransi dengan baik dan dianggap aman bagi kebanyakan orang, dan ramuan ini juga mampu meredakan sakit kepala berat, bahkan mampu mengobati pusing tujuh keliling.
baca: Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala Belakang

Faktor yang dapat menyebabkan munculnya sakit kepala antara lain:
  • Terjadinya ketegangan pada bagian otot mata
  • Terlalu kecapean
  • Merokok secara berlebihan
  • Mengkonsumsi minuman-minuman beralkohol tinggi
  • Terdapatnya infeksi sinus
  •  Badan terserang gejala fluk, batuk, dan pilek terlalu lama
  • Konsumsi makanan berkafein tinggi
  • Postur tubuh yang buruk
  • Stres secara emosional
  • Kurang tidur/ tidur yang tidak terratur
  • Pembuluh darah yang meluas yang menekan saraf
  •  Bau-bauan yang menyengat. Mulai dari parfum, cologne, dan durian
  •  Kelaparan/telat makan dan dehidrasi
  • Pancaran cahaya yang terang, termasuk cahaya matahari secara langsung
  • Suara keras yang dapat membuat gendang bergetar
Itulasan sdikit ulasan mengenai 10 obat alami sakit kepala terpercaya apabila cara di atas sudah di lakukan, tetapi sakit kepala anda tidak kunjung sembuh maka kami sarankan agar anda cepat berkonsultasi dengan dokter. Semoga artikel ini bermanfaat, salam.
Obat Sakit Kepala

Artikel terkait:
1. 17 Obat Sakit Kepala Alami dan Tradisional Paling Ampuh
2. Cara Ampuh Mengobati Sakit kepala Migrain Secara Alami
3. Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Dan Tepat Tanpa Obat
4. Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala Belakang
5. Ramuan Obat Sakit Kepala Herbal Paling Ampuh 
6. Penyebab Sakit Kepala
7. Obat Sakit Kepala Paling Ampuh di Apotik
Previous Post
Next Post

0 komentar: