Selasa, 03 Oktober 2017

Cara Ampuh Mengobati Sakit kepala Migrain Secara Alami

Cara mengobati sakit kepala migran secara alami yang ampuh. Migrain merupakan salah satu bentuk sakit kepala yang sering dialami oleh setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Biasanya sakit kepala migraine  sangat parah, disertai mual, denyut luar biasa, dan keseringannya denyutan pada sakit kepala terkonsentrasi di satu tempat, seperti di bagian kepala sebelah kanan, bagian sebelah kiri, atau ada juga yang kedua sisi, ada juga di bagian pelipis saja, bagian mata dan dahi.
Jika kepala mulai sakit bukan karena adanya kenaikan atau penurunan tekanan, trauma, kemungkinan besar itu adalah migrain, yang juga disebut ketegangan nyeri. Selama serangan migrain, sakit kepala dimulai tiba-tiba, terutama mempengaruhi satu sisi, terutama di dahi.
Penyebab penyakit ini - merupakan pelanggaran sirkulasi darah di otak dan transmisi impuls saraf yang salah akibat kelainan pada kerja sistem saraf.

Bagi anda yang kebetulan pernah menderita gejala migrain pasti merasakan pengalaman sakit kepala tanpa ampun. Migrain biasanya terjadi antara 4-72 jam. Seringkali sebelum terjadinya serangan seseorang dapat mengalami mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki, rasa sakit di mata, terutama di bawah pengaruh cahaya, kepekaan terhadap bau, bahkan migrain biasanya disetai rasa mual, muntah, rasa sensitif terhadap cahaya, sensitif terhadap suara, bau serta nyeri yang menusuk di bagian tertentu kepala.

obat sakit kepala


Cara mengatasi migrain

Gejala sakit kepala sebelah yang sering di sebut migrain juga dapat ditandai dengan munculnya perasaan yang gampang tersinggung, gelisah yang berlebihan, kondisi badan melemah, menguap dan mengantuk tiba-tiba, gangguan penglihatan, rasa kesemutan di tangan, rasa kebas di wajah serta bagian tangan, kemudian perlahan kepala menjadi nyeri dan terasa semakin sakit.

Penyebab Gejala Migrain

Penyebab terjadinya migraine sungguh banyak sekali sehingga  tidak bisa dipastikan karena banyak kemungkinan. Berikut ini adalah salah satu penyebab terjadinya gejala sakit kepala sebelah atw migrain yang sering terjadi pada penderita:

  • Terjadinya inflamasi atau pelebaran pada pembuluh otak yang sering memicu rasa nyeri dan mual.
  • Faktor genetic ( keturunan). Migrain bisa juga disebabkan faktor turunan yang diturunkan oleh orangtua yang juga mempunyai penyakit sakit kepala sebelah atau migraine.
  • Berlebihan terjadinya impuls listrik  (hyperactive) dan menyebabkan aliran darah menuju bagian otak meninggi sehingga secara bersamaan menyebabkan terjadi rasa nyeri di salah satu bagian tertentu di kepala yang dialiri darah.
  • Tidur yang tidak teratur seperti terlalu banyak tidur atau kurang tidur. Usahakan anda harus tidur tepat waktu secara teratur. Misalnya tidur jam 10 malam, bagun jam 5 atau jam 6 pagi. Tidak berlebihan waktu tidur atau kurang.
  • Kurang asupan nutrisi atau tidak makan. Kurang asupan nutrisi akibat makan terlalu sedikit, atau terlambat makan, sering lupa jadwal makan karena keasyikan melakukan aktivitas bekerja karena beraktivitas juga bisa menyebabkan terjadi migraine.
  • Tekanan kejiwaan seperti stress dan emosi. Tak jarang sakit kepala sebelah atau migrain juga disebabkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang. Salah satu penyebabnya karena terlalu banyak fikiran yang akhirnya menyebabkan stres dan migrain.
  • Efek karena perubahan cuaca. Paparan atau sorotan sinar matahari yang sangat panas di siang hari. Paparan sinar matahari yang sangat panas ditambah kurang asupan nutrisi selain memicu migraine juga membuat tubuh menjadi lemas (drop).
  • Efek berlebihan makanan tertentu seperti kopi, MSG dan coklat. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitupun kopi, tetapi jika kita mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar ( tidak lebih dari 2-3 cangkir / hari), ternyata kopi juga bisa jadi solusi saat anda mengalami migrain. Karena kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Tapi ingat, jangan terlalu banyak minum kopi karena bisa memicu migrain.

baca juga: Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala Belakang
Meskipun migran sebuah gejala yang cukup mengerikan,tapi jangan takut.Anda dapat mengatasi migrain dengan cara-cara berikut:

Minum obat pereda nyeri
Bila anda sedang terserang gejala migrain , Sobat bisa minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen, asam mefenamat atau obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti natirum naproxen, ibuprofen dan aspirin dan lain sebagainya.

Minum obat-obatan tersebut memang sangat manjur menghilangkan nyeri, tetapi saya menyarankan harus atas rekomendasi dan resep dokter. Karena apabila tanpa melalui  pengawasan orang yang ahli bisa menimbulkan efek samping lebih parah, terutama bagi penderita migrain yang mempunyai riwayat penyakit jantung.

Menggunakan jahe
Obat-obatan alami untuk menghilangkan sakit kepala sebelah atau yang disebut migrain sebetulnya ada disekitar kita dan sangat mudah untuk ditemukan diantaranya yaitu rimpang Jahe atau Zingiber officinale Rosc. Jahe cukup mudah ditemukan biasanya terdapat di tempat bumbu dapur sebagai bumbu untuk masakaan.

Jahe  termasuk dalam kelompok empon-empon dan juga terdapat hampir di setiap wilayah kepulauan Indonesia. Terutama minyak atsirinya yang mengandung zat seskuiterpena, yang dapat menimbulkan bau yang khas jahe.
Sedangkan yang terkandung dalam jahe yang bisa memberikan rasa pedas adalah zat-zat monoterpena aldehida dan juga alkohol. Zat-zat seperti itu juga yang dapat memberikan khasiat antimual serta anti muntah.
Di samping khasiat tersebut, rimpang jahe juga cukup berkhasiat sebagai anti radang serta pereda nyeri dan juga memperlancar peredaran darah.

Berikut adalah cara alami mengobati migrain dengan jahe:

  • Ambil terlebih dahulu serbuk rimpang jahe yang sudah dikeringkan. Untuk orang dwasa dan juga anak-anak yang berusia di atas enam tahun, gunakan dosis serbuk rimpang jahe 0,5 gram untuk 1x minum. Biar cepat sembuh, ramuan seperti ini sebaiknya diminum 2 hingga 4 kali sehari
  • Ambil jahe sebesar ibu jari, bakar kemudian memarkan. Setelah itu seduh dengan segelas air dan berikan sedikit gula aren dan minum sekaligus. Minum ramuan jahe ini tiga kali sehari.
 Istirahatkan tubuh anda
 Ketika anda terserang gejala migrain , tidur adalah slah satu solusi yang cukup  baik untuk relaksasi sistem otak.

 Penuhi asupan zat besi
Anemia dapat memicu migrain. Jika migrain yang sedang anda derita disertai dengan letih dan lesu, sebaiknya anda harus memperbanyak asupan zat besi. Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran hijau atau hati ayam.

Menjaga kadar gula darah 
Apabila kadar gula darahsedang mengalami penurunan, maka tubuh akan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan naiknya tekanan darah. saya menganjurkan anda untuk memilih makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah seperti yogurt, serta buah-buahan dan sayuran.

Perbanyak asupan Magnesium
Kebutuhan akan magnesium yang tidak tercukupi akan menjadi penyebab aliran darah yang menuju otak mengalami penurunan, begitu juga dengan gula darah. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti tomat, kentang, biji-bijian, oat.

Hindari makanan yang mengandung MSG
 Jauhi penggunaan bahan tambahan seperti pemanis buatan, pewarna makanan, minuman bersoda, ataupun monosodium glutamat.

Perbanyak minum air
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab migrain. Jaringan otak akan menyusut, salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh. Air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Maka dari itu, jika anda terserang migrain, segeralah minum air putih. Rutin minum air putih 8 - 10 gelas per harinya dapat bermanfaat untuk mencegah sakit kepala.

Kurangi penggunaan ponsel
Radiasi elektromagnetik berpotensi memicu serangan migrain. Hindari menggunakan ponsel, ketika anda sedang terserang migrain.
  
Olahraga ringan
Bagi sebagian penderita, cara ini efektif untuk meredakan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melancarkan peredaran darah. Jangan melakukannya secara berlebihan! karena sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Cobalah Hidroterapi
Celupkan kaki anda ke dalam air dingin, kemudian setelah itu tempelkan handuk yang hangat pada leher. Cara seperti ini mampu memperlancar sirkulasi darah dari kepala ke kaki. Setelah itu, mandi menggunakan air hangat.

Pengobatan Migrain untuk Wanita Hamil dan Menyusui
Bagi para ibu hamil dan yang menyusui mengidentifikasi dan menghindari faktor pemicu migrain adalah langkah yang paling disarankan. Kelompok wanita ini disarankan untuk membatasi konsumsi obat-obatan bebas.

Konsultasikan kepada dokter jika Anda membutuhkan obat-obatan pereda rasa sakit. Biasanya dokter akan memberikannya dalam dosis rendah. Obat antiinflamasi atau triptan adalah yang paling umum diresepkan.

Baca juga artikel ini : Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Dan Tepat Tanpa Obat

Itulah beberapa cara mengobati sakit migrain yang mungkin bisa jadi solusi disaat anda terserang sakit kepala. Mudah-mudahan tips kesehatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya dan umumnya bagi anda yang membaca dan membutuhkan info ini.Obat Sakit Kepala

Artikel terkait:



Previous Post
Next Post

1 komentar: