Sabtu, 07 Oktober 2017

17 Obat Sakit Kepala Alami dan Tradisional Paling Ampuh

Sebelum saya menjelaskan obat sakit kepala alami dan tradisional, perlu diketahui ada beberapa pemicu yang menyebabkan seseorang mengalami pusing dan sakit kepala, seperti stres, melewatkan sarapan, konsumsi kafein secara berlebih, dan masih banyak lagi, bahkan penyebabnya hampir ratusan.
obat sakit kepala
Penyebab Sakit Kepala yang Jarang di Sadari
  1. Luka di kepala.
  2. Kurang tidur.
  3. Radiasi hp.
  4. Telat makan.
  5. Cuaca yang trik.
  6. Latihan untuk fisik terlalu berlebihan.
  7. Kesibukan sex yang di luar batas serta selalu ketagihan.
  8. Mengikat rambut dengan tali rambut yang terlalu kencang, sehingga penghubung jaringan pada kulit kepala menegang.
  9. Salah bergerak, seperti menjepit telpon dengan bahu serta pundak, duduk di atas kursi tanpa ada penyangga punggung dengan waktu yang lama.
  10. Masalah peribadi. Masalah pribadi juga salah satu penyebab timbul nya sakit kepala.
  11. Tekanan di lingkungan kerja.
  12. Aroma yang menyengat dari parfum.
  13. Jalinan percintaan.
  14. Permasahan ekonomi.
  15. Zat tiramin yang ada pad minuman ber alkohol.
  16. Berlebihan minum kopi. karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.
  17. Kekurangan vitamin B2, D serts magnesium.
  18. Infeksi pada hidung, kerongkongan serta telinga. Untuk lebih jelasnya baca: Penyebab Sakit Kepala
Nah setelah anda mengetahui penyebab-penyebab sakit kepala, maka semua faktor pemicu harus diatasi dengan baik. Jika anda kebetulan mengalami stres, langkah pertama segera selesaikan masalah yang mendasarinya. Jika penyebab pusing adalah kafein, maka kurangi konsumsi minuman kopi dan sejenisnya.

17 Obat Sakit Kepala Alami dan Tradisional Paling Ampuh
Rasa sakit yang terletak pada kepala dikategorikan menjadi beberapa jenis, seperti sakit kepala cluster, vertigo, migrain, dan lainnya.

Obat sakit kepala harus sesuai dengan jenis gangguan yang terjadi.
Nah berikut ini saya akan menjelaskan cara mengatasi sakit kepala menggunakan obat alami dan tradisional.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Migrain Secara Alami 

Cara Mengobati Sakit kepala dengan Bahan Alami

1. Biji Wijen
obat sakit kepala
Vitamin E yang terkandung di dalam biji wijen berguna untuk menstabilkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga terhindar dari migrain. Biji wijen juga diperkaya dengan magnesium yang juga efektif untuk mencegah sakit kepala.

 2. Kentang
obat sakit kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh kekurangan elektrolit dalam tubuh. Kentang merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalium, yaitu mineral penting yang berguna untuk menyeimbangkan cairan tubuh. Jadi, perbanyak makan kentang untuk mengatasi sakit kepala akibat kurangnya kalium, alangkah baiknya kentang di masak dengan cara di rebus atau di bakar dengan kulitnya, jangan di pasak dengan cara di goreng.

3. Es batu
obat sakit kepala
Untuk mengurangi sakit kepala yang menyerang, tempelkan es batu pada bagian kepala anda yang terasa sakit. Caranya kompreskan atw gosok-gosokkan es batu dengan perlahan pada bagian kepala yang sakit. Cara ini sudah terbukti dapat menyembuhkan sakit kepala.

4. Pisang
obat sakit kepala

Piasang bukan hanya potassium, tapi pisang juga dilengkapi dengan magnesium yang mampu mengobati migrain. Makan buah pisang dengan rutin untuk meredakan sakit kepala sebelah.
Yang terkandung dalam pisang:
Vitamin B6 – 0,5 mg.
Mangan – 0,3 mg
Vitamin C – 9 mg
Kalium – 450 mg
Serat – 3g
Protein – 1 g
Magnesium – 34 mg
Folat – 25.0 mcg
Riboflavin – 0,1 mg
Niacin – 0,8 mg
Vitamin A – 81 IU
Besi – 0,3 mg

5. Teh daun mint 
obat sakit kepala
Sakit kepala yang disebabkan oleh maag dapat diobati dengan minum seduhan daun mint atau teh papermint. Karena seduhan teh papermin mampu meredakan dan menyembuhkan sakit kepala. Ramuan yang satu ini juga bisa mengobati pusing tujuh keliling.

6. Semangka

obat sakit kepala
Buah semangka merupakan buah-buahan yang mengandung air yang berlimpah, sehingga dapat mencegah dan mengobati sakit kepala karena dehidrasi.
Buah semangka bukan hanya dapat mengobati sakit kepala saja, tapi masih banyak lagi manfaat
nya, sperti menjaga kesehatan jantung, mencegah berbagai jenis kanker, dan masih banyak lagi manfaat nya.

7. Minum air putih
obat sakit kepala
Seperti yang sudah di bahas di atas, bahwa di antara penyebab sakit kepala adalah di sebabkan dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh.

Air merupakan komponen asupan yang sangat di butuhkan oleh tubuh
Oleh karna itu, apabila anda terserang sakit kepala, maka segeralah minum air putih. Membiasakan minum air putih 8 - 10 gelas per harinya sangat bermanfaat untuk mencegah datangnya sakit kepala.

8. Bunga matahari
obat sakit kepala
Di balik keindahan bunga matahari, ternyata tersimpan manfaat kesehatan. Di anta manfaaat dan hasiat bunga matahari dapat menyembuhkan sakit kepala, bahkan masih banyak lagi manfaat dan hasiatnya.

Bahan:
•    30 gr bunga matahari fresh.
•    10 gr rimpang ja.
•    he.
•    1 butir telur ayam.
•    4 gelas air.

Langkah membuat ramuan:
•    Rebus ketiga bahan pads 4 gelas air dalam panci sampai mendidih serta tersisa 2 gelas air.
•     Telus hanya di kupas kulitnya dan biarlah utuh sperti itu.
•    Minum air rebusan tadi serta makan telur nya berbarengan nasi putih.
•    Obat ini alangkah lebih baaik nya anda mengkonsumsi 2 kali sehari.

 9. Jeruk nipis
obat sakit kepala
 Langkah penggunaan nya:
•    Tumbuk daun jeruk nipis hingga lumat.
•    Campur dengan sedikit air di dalam sebuah wadah.
•    Terapkan pada kening anda untuk menghilangkan sakit kepala.
•    Gosok-gosokkan pada pelipis dan tengkuk.

10. Temulawak
obat sakit kepala
Rempah ini dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala secara tradisional.
Caranya, Iris-iris rimpang temulawak, jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
Tumbuk temulawak yang telah dikeringkan sampai menjadi bubuk. Rebus 2 genggam bubuk temulawak ke dalam 5 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa 3 gelas saja. Saring, dan minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari. Ramuan ini sangat banyak hasiat ny bagi kesehan, bukan sekedar mampu mengobati sakit kepala.

11. Teh Daun Alpukat
obat sakit kepala
Daun alpukat adalah salah satu obat alami penghilang sakit kepala paling ampuh. Caranya rebus daun alfukat kemudian di minum airnya. Ramuan teh dsun slfukst juga dapat menyembuhkan pembengkakan pada saluran nafas, nyeri glambung, nyeri syaraf (Neuralgia) dan mengatasi haid yang tidak teratur.

12. Teh Hijau tanpa gula

obat sakit kepala

Untuk mengatasi  sakit kepala dengan cepat, seduh lah teh kental tanpa gula ke dalam secangkir air panas. Minum airnya selagi hangat. Ramuan yang satu ini salah satu obat sakit kepala secara alami tanpa epek samping.

13. Bawang putih
obat sakit kepala
Bumbu dapur juga ternyata bisa menjadikan solusi mengatasi sakit kepala. Caranya, tumbuk 3 siung bawang putih, kemudian balurkan pada pelipis dan dahi yang terasa nyeri. Biarkan selama sejam, sebelum diganti. Cara sperti ini udah terbukti dan dapat di percaya.

14. Bangle
obat sakit kepala
Salah satu rempah yang bisa di jadikan solusi untuk meredakan sakit kepala secara alami dengan cepat adalah bangle.

Caranya sangat mudah sekali, pertama cuci beberapa rimpang bangle, kemudian parut. Campur dengan sedikit air hingga membentuk sebuah adonan. Balurkan adonan ini pada dahi anda. Jahe bukan hanya dapat di jadikan obat pusing, tetapi masih banyak lagi hasiatnya.

15. Bunga kenanga
obat sakit kepala
Taukah anda? ternyata bunga kenanga juga termasuk salah satu bunga yang bisa di jadikan obat sakit kepala. caranya, sediakan 5 gr bunga kenanga fresh serta rimpang jahe, selanjutnya, bersihkan sertan irislah jahe, rebus dalam panci berbarengan daun kenanga, tunggulah hingga air tersisa 200 cc, kemudian minum air jahe serta bunga kenanga pada saat hangat.

16. Kulit anyang-anyang 
obat sakit kepala
Salah satu obat sakit kepala alami adalah kulit anyang-anyang, adapun caranya, sediakan 250 gr kulit anyang-anyang dan 2 gelas buah anggur, langkah selanjutnya, rebus semua bahan dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas, tunggulah air rebusan hingga dingin kemudian minum hingga habis. Cara seperti ini juga mampu mengobati sakit kepala berat.

17.Daun kayu putih
obat sakit kepala
Daun kayu putih juga ternyata bisa di jadikan obat sakit kepala alami, caranya, pertama sediakan 10-15 gr daun kayu putih dan 450 mi air masak, langkah selanjutnya, rebus daun kayu putih dalam 3 gelas hingga tersisa 1 gelas, kemudian minum pada saat masih hangat hingga habis.

Obat alam yang satu ini bisa mengobiti sakit kepala sebalah juga yang di sebut migrain, bahkan dapat mengobati pusing tujuh keliling.
Selain melakukan tips-tips mengatasi sakit kepala yang telah saya bahas diatas, saya juga menyarankan agar Anda selalu menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Sebab tanpa adanya dukungan pola hidup sehat, semua tips diatas tidak akan berdampak apapun pada diri Anda. Baca juga: Cara Mencegah Sakit Kepala

Demikian 17 obat sakit kepala alami dan tradisional paling ampuh yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang kurang jelas silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi Anda, salam.

Baca juga : 




Previous Post
Next Post

0 komentar: