Jumat, 27 Oktober 2017

9 Penyebab Sakit Kepala Saat hamil, dan Cara Mengatasinya

Saat ibu hamil, rasa sakit dan nyeri hampir sudah terbiasa. Sakit kepala adalah salah satu keluhan umum yang dirasakan oleh banyak ibu hamil. Meski tidak separah nyeri kaki atau punggung, sakit kepala akan membuat ibu hamil tidak merasa nyaman.
Sakit kepala saat hamil dapat memburuk pada minggu-minggu pertama kehamilan, namun Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak berpengaruh kepada janin. Sakit kepala bisa membaik atau hilang pada enam bulan terakhir ketika hormon umumnya sudah stabil.
obat sakit kepala
Sakit kepala yang terjadi pada masa awal kehamilan merupakan hal yang normal, namun sebaiknya lebih waspada jika kondisi ini terjadi di akhir kehamilan. Sakit kepala yang terjadi di akhir kehamilan bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami kondisi kesehatan serius, seperti tekanan darah tinggi atau preeklamsia.

Jika tidak ditangani, kondisi tersebut berisiko berkembang menjadi preeklamsia, yaitu suatu keadaan yang bisa mengganggu perkembangan bayi dalam kandungan dan proses melahirkan sang ibu. Segera hubungi dokter jika sakit kepala saat hamil belum mereda atau bertambah parah.

Penyebab

Hal yang harus dihadapi saat anda hamil adalah Anda tidak diperbolehkan untuk minum obat saat hamil. Berikut adalah beberapa penyebab utama sakit kepala selama kehamilan yang harus Anda ketahui.

1. Hormonal
Tubuh akan mengalami gejolak hormonal selama kehamilan. Hal ini terkadang dapat menyebabkan rasa nyeri di kepala. Anda dapat mengatasinya dengan cara mencari udara segar di luar atau berusaha meningkatkan suasana hati dengan menyantap makanan seperti cokelat.

2. Ketegangan
Sakit kepala terjadi ketika Anda sedang stres atau tegang. Hal ini kerap terjadi saat trimester pertama kehamilan. Pada fase ini, Anda harus berjuang melawan mual, dan keluhan tubuh lainnya. Untuk mengatasinya, Anda dapat berlatih beberapa teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga.

3. Merokok dan minum kafein
Jika Anda adalah seorang perokok atau pecandu kafein, Anda akan menderita sakit kepala yang menyakitkan selama kehamilan. Dokter akan menyarankan pada Anda untuk berhenti merokok dan mengurangi konsumsi kafein.

4. Kondisi lingkungan
Sakit kepala selama kehamilan bisa terjadi karena kondisi lingkungan. Misalnya saja, Anda tinggal di tempat yang terlalu bising sehingga kerap terganggu dengan suara-suara keras yang memekakkan telinga.

5. Gula darah menurun
Anda kerap menderita sakit kepala di sore hari selama kehamilan? Hal ini mungkin dikarenakan rendahnya kadar gula darah. Konsumsi makanan penambah energi yang efektif dalam meningkatkan kebugaran tubuh Anda.

6. Lelah
Ibu hamil dan harus bekerja membuat dirinya akan sering terkena pusing. Hal itu dikarenakan ada proses pembuatan energi secara tiba-tiba ketika ibu sedang melakukan aktivitas yang membuat dirinya kelelahan. Saat itulah rasa pusing akan muncul dan menghampiri ibu hamil yang sedang lelah.

7. Gangguan Emosional
Ibu yang sedang hamil akan mengalami mood yang berubah-ubah, tidak jarang perubahan mood itu berpengaruh terhadap emosional ibu hamil itu sendiri. Ibu hamil yang emosional akan merasakan pusing setiap harnya dikarenakan syaraf otak akan mengkerut ketika dirinya emosi. Syaraf yang mengkerut terutama di bagian otak bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar, hal tersebutlah yang menyebabkan mengapa ibu hamil sering mengalami pusing ketika emosional.
Baca juga: Obat Sakit Kepala Yang Aman Untuk Ibu Menyusui
8. Anemia
Ibu hamil yang kekurangan zat besi akan terkena anemia. Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah yang ada di dalam tubuh ibu hamil. Ketika jumlah sel darah merah berkurang, asupan oksigen dan aliran darah menuju ke otak semakin berkurang. Hal tersebutlah yang menyebabkan ibu hamil akan mengalami pusing bahkan sampai pingsan.

9. Rasa Lapar
Tidak bisa dipungkiri bahwa rasa lapar menjadi pemicu mengapa ibu hamil menjadi sering pusing. Ibu hamil yang membiarkan dirinya kelaparan akan sering merasakan pusing daripada ibu hamil yang selalu memiliki jadwal makan yang tepat. Rasa lapar itu bisa dipengaruhi oleh kondisi lambung ibu yang menolak untuk diisi makanan. Hal itu terjadi pada ibu yang hamil muda dimana perutnya akan terasa tidak enak ketika diisi dengan makanan dan minuman. Meski begitu ada baiknya ibu menjadwalkan diri untuk memiliki waktu yang tepat untuk makan, sebab rasa pusing akan semakin menjadi saat ibu hamil dalam kondisi lapar. Rasa lapar membuat pusing karena tidak ada makanan yang bisa diubah menjadi energi, orang yang sedang lapar juga memiliki kadar gula yang rendah.

Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

1. Istirahat
Untuk mengatasi sakit kepala saat hamil anda bisa berbaring di tempat tidur dengan kondisi ruangan gelap dan tidak berisik. Lalu pejamkan mata Anda agar tubuh dan kepala terasa rileks.
Cara seperti ini sangat mudah di lakukan dan terbukti dapat mengurangi sakit kepala.

2. Mandi Air Dingin
Sakit kepala adalah hal yang mengganggu Anda saat hamil, untuk mengatasinya cobalah mandi dengan air yang dingin (bukan dari water heater). Air dengan suhu dingin akan mengecilkan pembuluh darah di kepala Anda yang umumnya merupakan peenyebab sakit kepala. Sedangkan bila sakit kepala yang Anda rasakan seperti menekan atau memeras kepala Anda, cobalah mandi dengan air hangat.

3. Pola Makan
Karena sakit kepala dapat dipicu dari makanan, maka menjaga pola makan agar tetap sehat merupakan hal yang harus Anda lakukan. Pertama, kadar gula darah yang rendah dapat mencetuskan terjadinya sakit kepala, sehingga Anda disarankan makan dalam frekuensi yang sering namun porsi yang kecil. Sedia juga snack sehat untuk mengganjal rasa lapar Anda seperti buah, yogurt atau biskuit gandum. Anda juga harus makan berbagai macan jenis makanan yang sehat untuk ibu hamil, seperti protein, zat besi, mineral seperti magnesium dan kalium serta nutrisi lainnya.

4. Pijat
Memijat lembut bagian kepala yang sakit juga bisa Anda lakukan saat anda hamil. Atau bisa juga minta tolong pada orang lain untuk memijat pundak dan leher Anda untuk mengatasi ketegangan. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda dapat mengunjungi tempat pijat profesional agar bisa mendapatkan pijak relaksasi pada seluruh tubuh.

5. Kompres
Salah satu cara mengurangi dan menyembuhkan sakit kepala adalah dengan cara kompres, caranya sangat mudah yaitu: Anda bisa mengompres wajah, mata, dan jidat dengan handuk yang telah direndam air panas. Atau bisa juga mengompres bagian belakang leher dengan handuk dingin.

6. Pola Minum
Sama seperti makanan, minuman yang dikonsumi ibu hamil pun harus dijaga. Pertama, pastikan ibu minum air 8 gelas per hari atau 2 liter per hari untuk mencegah timbulnya sakit kepala. Kedua, kurangi konsumsi kafein saat hamil. Selain berperan sebagai obat sakit kepala untuk ibu hamil, mengurangi konsumsi kafein juga wajib dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan janinnya. Dosis maksimal kafein yang boleh dikonsumsi adalah 2 gelas kopi instan per harinya.

7. Aktivitas fisik selama kehamilan
Beberapa bukti menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi frekuensi dan tingkat sakit kepala dan juga mengurangi stres yang dapat menyebabkan sakit kepala karena tegang. Jika Anda rentan terhadap sakit kepala atau migrain, anda dapat memilih satu jenis olahraga yang ringan dan dilakukan secara teratur. Hal yang harus anda ingat jangan berolahraga ketika sakit kepala sedang dirasakan karena akan memperparah rasa sakit.

8. Hindari Pemicu Sakit Kepala
Cara yang paling efektip di lakukan untuk mengobati dan mencegah sakit kepala saat hamil adalah ibu harus mengenali apa saja hal yang memicu sakit kepala. Bagi penderita migraine, mengonsumsi makanan tertentu seperti keju, anggur, terbukti dapat memicu sakit kepala. Stress secara psikologis juga dapat memicu sakit kepala.

9. Cobalah teknik relaksasi
Ibu hamil di usia muda yan sering mengeluhkan rasa sakit di bagian kepala ataupun migrain, maka anda dapat melakukan beberapa teknik relaksasi yang aman untuk kehamilan seperti meditasi, yoga, dan self-hypnosis dapat membantu dalam mengurangi stres dan sakit kepala pada beberapa ibu hamil yang sering mengeluhkan kondisi kehamilan di trimester pertama.

10. Menghindari kelelahan
Ibu hamil yang sering mengalami lelah seringkali mengeluhkan sakit kepala. Cobalah untuk membuat waktu tidur siang di sela aktivitas siang anda. Apabila tidak memungkinkan anda dapat sejenak beristirahat dengan menarik posisi badan rileks dan menarik napas panjang.
Baca jug: 10 Makanan Sehat Penyembuh Sakit Kepala
Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. Obat Sakit Kepala

Baca juga:
1. Penyebab Sakit Kepala
2. Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri
3. Cara Ampuh Menyembuhkan Sakit Kepala Pertigo
4. Penyebab Sakit kepala Sebelah Kanan Dan Cara Mngatasinya
5. Cara Ampuh Mengobati Sakit kepala Migrain Secara Alami


Previous Post
Next Post

0 komentar: