Selasa, 24 Oktober 2017

Penyebab Utama Sakit Kepala Bagian belakang

Sakit kepala memang beragam jenisnya, salah satu diantaranya adalah sakit kepala bagian belakang. Sakit kepala yang satu ini juga sangat mengganggu anda. Sakit kepala bagian belakang juga dapat membuat diri anda menjadi tidak nyaman dan menjadikan anda tidak fokus dalam aktifitas keseharian.

Ketika sakit kepala bagian belakang terjadi ada baiknya anda menghentikan dulu aktifitas sehari-hari anda, sebab akan membuat pekerjaan anda tidak maksimal. Apalagi bila pekerjaan anda menggunakan alat atau mesin, sebab itu memperbesar resiko kecelakaan dalam bekerja. Lebih baik istrihatkan dulu diri anda supaya sakit kepala anda lebih cepat pulihnya.
obat sakit kepala
Penyebab sakit belakang biasanya tidak berbahaya, dan terjadi secara sementara dan bisa diobati dengan pengobatan rumah sederhana. Namun, dalam beberapa kasus, sakit kepala seperti ini tidak  kunjung sembuh, dan penyebabnya mungkin merupakan penyakit serius yang memerlukan pemeriksaan intensif.
Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menyingkirkan kondisi kritis seperti meningitis, tumor dan stroke, yang juga bisa menyebabkan sakit kepala bagian belakang.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Penyebab paling umum sakit kepala belakang adalah sebagai berikut:

Oksipital Neuralgia

Oksipital Neuralge dapat menyebabkan sakit kepala parah yang terasa seperti sengatan listrik yang tajam di bagian belakang kepala dan leher. Gejala lain termasuk nyeri, terbakar dan berdenyut, yang biasanya dimulai di dasar kepala dan menyebar ke kulit kepala, nyeri pada satu atau kedua sisi kepala, sakit di belakang mata dan gerakan leher menyakitkan.

Penyebab sakit kepala ini meliputi trauma (stroke langsung atau "whiplash") kompresi tulang belakang; lesi saraf; infeksi atau peradangan lokal, asam urat, diabetes melitus, pembengkakan pembuluh darah, dan tumor lokal.

Sakit kepala servikogenik

Sakit kepala akibat masalah leher. Nyeri kepala yang disebabkan oleh cervicogenic, biasanya unilateral (hanya satu sisi); Rasa sakit berasal dari belakang leher, lalu terpancar di bagian belakang kepala, dari samping, di depan dekat mata. Sakit kepala awalnya merupakan episode intermiten, dan kemudian berkembang menjadi rasa sakit yang hampir berlanjut. Nyeri bisa disebabkan atau diperparah oleh pergerakan leher atau posisi tertentu pada leher. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap: kelelahan, kurang tidur, masalah pada tulang leher, trauma, postur tubuh yang buruk dan stres atau ketegangan pada otot.

Migrain

Sakit kepala migrain dikenal sebagai sakit kepala sebelah. Namun, hal itu juga bisa menyebabkan sakit kepala bagian belakang dan hampir 40% penderita migrain yang mengalami hal ini. Seringkali mereka juga mengalami sakit leher.

Sakit kepala ini umumnya disertai mual, muntah atau kehilangan nafsu makan. Aktivitas, cahaya terang atau suara keras bisa memperburuk sakit kepala, sehingga penderita migrain cenderung mencari ruang yang gelap dan tenang.

Tension Headache

Sakit kepala dengan gejala awal cenderung fokus rasa sakit pada leher dan belakang kepala, dan bisa mengelilingi seluruh kepala sampai dahi. Seringkali menimbulkan rasa sakit yang seolah-olah ada tali yang sangat kencang di sekitar kepala. Ada juga nyeri pada otot kepala, leher dan bahu.
Beberapa gejala yang menjadi karakteristik migrain - terutama mual dan aura - tidak ada dalam jenis sakit kepala ini.

Kelelahan dan stres menjadi penyebab utama dari jenis sakit kepala ini, jadi istirahat, relaksasi dan penyegaran akan sangat membantu dalam mengatasinya.

Ice-pick Headache

Sakit kepala parah, yang biasanya berlangsung beberapa detik saja. Meski bisa ditemukan dimana saja di kepala, tetapi bisa juga menyebabkan sakit kepala bagian belakang.

Es krim 

Sakit kepala dapat terjadi akibat dari penggunaan es krim, es batu atau minuman dingin lainnya. Memang, tidak semua orang yang makan es akan mengalami hal ini, tapi kebanyakan dari mereka mengalami sakit kepalabagian depan, namun sebagian kecil orang tersebut juga bisa merasakan sakit di kepala bagian belakang.

Sakit Kepala Sekunder

Sakit kepala jenis ini adalah penyakit sakit kepala yang di picu oleh gangguan metabolik. Gangguan metabolik diantaranya adalah penyakit kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gangguan mata, gangguan pada gigi, gangguan pada telinga atau hidung, infeksi tenggorokan, dan masalah pada otak seperti menigitis, stroke, tumor dan cedera kepala juga menyebabkan sakit kepala belakang.

Seks dan olahraga yang berlebihan

Aktivitas seks dan olahraga yang berlebihan juga dapat memicu penyempitan pembuluh darah. Nah, penyempitan pembuluh darah dapat memicu nyeri kepala di bagian belakang.

Arteritis temporal

Kerusakan dan pembengkakan pada arteri yang membawa darah ke kepala bisa mengakibatkan rasa sakit di bagian belakang kepala dan leher. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh melemahnya kekebalan tubuh karena penggunaan antibiotik.

Tumor otak

Nyeri tajam yang ditemukan secara khusus di sisi kiri bagian belakang kepala bisa disebabkan oleh tumor otak. Tumor di otak bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan otak dan saraf.

Neuralgia trigeminal

Neuralgia trigeminal merupakan penyebab lain nyeri di sisi kanan bagian belakang kepala. Neuralgia trigeminal disebabkan oleh pembuluh darah yang menjepit saraf trigeminal, dan bisa mengakibatkan rasa sakit di wajah dan di bagian belakang kepala.

Pengobatan Sakit Kepala Bagian Belakang

Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Beberapa penyebab sakit kepala belakang akan memerlukan perawatan medis, sementara yang lain dapat diobati dengan pengobatan di rumah atau perubahan gaya hidup.

1. Mandi

Ketika Anda pulang ke rumah dan mendapati kepala terasa berat dan juga pusing, Anda dapat mandi dengan cara mengguyur seluruh badan atau pun di bawah shower. Arahkan saja shower d tengkuk dan juga pada bagian bahu menuju leher. Agar terasa nyaman, Anda dapat menggunakan air hangat.

Apabila Anda menggunakan gayung, silakan Anda siapkan seember air hangat yang dicampur dengan sejumput garam dan sereh yang dimemarkan. Perpaduan bahan alami ini akan sangat membantu tubuhmu lebih rileks dan memudahkan tidur. Cara seperti ini sangat mudah dilakukan dan sudah terbukti dapat mengurangi dan menyembuhkan sakit kepala belakang.

2. Minum air hangat atau pun jus buah

Menikmati segelas minuman hangat bisa meredakan otot yang kaku, serta membuat tubuhmu lebih rileks dan tenang. Apabila sakit kepala Anda ringan, silakan konsumsi minuman hangat. Anda juga bisa memilih jahe hangat, lemon tea hangat, atau pun jus buah tanpa es.

3. Tidur atau berbaring

Tidur merupakan salah satu cara regenerasi atau pun reparasi tubuh dari dalam. Tidur bisa membuat tubuhmu lebih segar dan juga mengurangi keletihan tubuh. Akan lebih baik apabila Anda tidur dengan cahaya minim atau pun tidak di daerah yang terang. Jika Anda tak sempat tidur, silakan luangkan waktu sebentar saja untuk berbaring, pejamkan mata dan buatlah tubuhmu lebih tenang, hingga rasa sakit kepala belakangmu berkurang.

4. Ace Maxs

Ace Maxs merupakan salah satu produk kesehatan terbaik yang cocok dan tepat untuk dijadikan pilihan pengobatan alami sakit kepala bagian belakang yang aman dan tanpa efek samping, karena ace maxs terbuat dari 100% bahan-bahan herbal berkhasiat yaitu kulit buah manggsi dan daun sirsak yang kandungan dan khasiatnya sudah teruji secara ilmiah mampu menghilangkan ketegangan pada otot, selain itu pada ace maxs juga terdapat kandungan antidepresi atau stres, sehingga sangat cocok dan tepat untuk dijadikan produk herbal pilihan yang tanpa efek samping untuk menghilangkan sakit pada bagian kepala belakang.

5. Pijat

Cara yang pertama adalah adalah dengan melakukan pijat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Salwa H, Hanna, MD seorang pemilik dan direktur medis dari Headache Clinic of Denver menyatakan bahwa seseorang yang mengalami sakit kepala dapat melakukan pijat untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan sensasi pijat yang Anda lakukan dapat mengurangi rasa sakit serta dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

6. Aerobik

Yang kedua adalah dengan cara melakukan aerobik. Menurut National Pain Foundation latihan aerobik seperti berenang, jalan kaki serta bersepeda dapat mengurangi intensitas sakit kepala. Tak hanya itu saja, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Headache menyatakan bahwa seseorang yang rutin melakukan latihan aerobik dapat meningkatkan kualitas hidup serta dapat mengatasi dan mencegah sakit kepala.

7. Mengonsumsi kari

Cara mengatasi sakit kepala bagian belakang selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi kari. Memang terdengar aneh, akan tetapi sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rowerr Research Institute di Skotlandia menyatakan bahwa rempah-rempah yang ada di dalam kari berguna untuk meredakan rasa nyeri dan juga sakit pada kepala.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan, bagi yang kebetulan sakit kepala sebelah belakang semoga dapat melakukan resef yang kami berikan sehingga dapat segera sembuh amiinn. Obat Sakit Kepala
Previous Post
Next Post

0 komentar: