Selasa, 24 Oktober 2017

10 Makanan Sehat Penyembuh Sakit Kepala

Sakit kepala adalah rasa sakit yang dapat terasa dari bagian mana pun yang ada pada kepala. Sakit kepala pun dapat terasa hanya pada satu sisi kepala maupun keduanya.
obat sakit kepala
Sakit kepala dapat datang dengan tiba-tiba maupun dengan bertahap, dapat bertahan dalam kurang dari satu jam namun juga dapat bertahan beberapa hari. Mengonsumsi beberapa makanan maupun minuman seperti alkohol, kafein dalam jumlah berlebihan, makanan mengandung MSG, nitrat, nitrit dan keju jenis tertentu dapat memicu timbulnya rasa sakit kepala. Namun beberapa makanan lain justru dalam menyembuhkan sakit kepala.

Makanan penyembuh sakit kepala

1. Kismis

Buah kismis adalah salah satu makanan penyembuh sakit kepala, karena mengandung 1 gram serat dan 212 mg kalium. Dua nutrisi dengan takaran yang disarankan oleh Dietary Approaches to Stop Hypertension. Kandungan ini diyakini mampu menjaga kesehatan jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang pada beberapa kasus menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

2. Roti

Berkurangnya kandungan glukosa dalam tubuh menyebabkan peningkatan kebutuhan air dalam tubuh dan penurunan energi yang diedarkan menuju otak. Kondisi ini juga mampu memicu terjadinya sakit kepala. Mengkonsumsi roti gandum mampu mengisi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Terlebih kandungan karbohidrat sehat yang dimiliki roti gandum juga mampu meningkatkan suasana hati Anda karena melepaskan hormon baik (serotonin).

3. Ikan

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Zeev Harel berhasil mengungkapkan bahwa remaja yang mengkonsumsi 1.25 gr minyak ikan selama 2 bulan, mengalami sakit kepala yang lebih sedikit dibanding dengan yang kurang dari takaran tersebut. Ikan mengandung minyak omega tiga yang mampu mengurangi produksi hormon dalam tubuh yang mampu memicu sakit kepala, nyeri dan peradangan. Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi ikan salmon dan sarden

4. Yoghurt

Sakit kepala dapat terjadi karena ada yang salah dengan otak. Otak membutuhkan kalsium untuk berfungsi dengan baik. Mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti yoghurt dapat mambantu memecahkan masalah ini. Selain kaya kalsium, yoghurt rendah lemak juga mengandung bakteri baik yang keberadaannya baik bagi tubuh. Manfaat yoghurt ini didukung dengan suatu penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester kepada wanita dengan mengkonsumsi yoghurt 4.4 ons selama satu bulan mampu mengurangi rasa kembung dan sakit kepala hingga peradangan.

5. Jamur

Terganggunya sel darah dapat memicu rasa sakit kepala timbul. Vitamin B2 (riboflavin) adalah salah satu nutrisi yang diyakini penting dalam penghasilan energi sel. Kandungan vitamin B2 yang tinggi bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi jamur. Selain jamur, brokoli dan sayur bayam juga dipercaya kaya akan kandungan riboflavin. Selain menyembuhkan sakit kepala, vitamin B2 juga mampu meningkatkan energi penyerapan nutrisi dari makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein.

6. Semangka

Salah satu alasan utama penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Jadi, konsumsi pil sebenarnya bukanlah cara yang terbaik. Anda dapat memilih semangka, salah satu makanan sehat untuk sakit kepala.

Setiap makanan yang mengandung kadar air yang tinggi seperti sup, melon, mentimun, tomat dan selada juga dapat menjadi solusi. Buah semangka kaya akan mineral seperti magnesium, yang merupakan kunci untuk mencegah terjadinya sakit kepala.

7. Kopi

Kopi juga mampu meredakan sakit kepala, terutama bila rasa sakit disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Namun harus Anda perhatikan jumlah asupan kopi, batasi hingga satu cangkir saja. Apabila Anda mengkonsumsi terlalu banyak, maka ini akan menyebabkan dehidrasi dan dapat memperparah sakit kepala Anda.

8. Kacang Almond

Almond adalah salah satu makanan sehat yang tidak hanya efektif untuk mengatasi sakit kepala, namun juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit lainnya. Almond kaya akan magnesium, yang dapat membantu memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah yang menegang.

Saat Anda menderita migraine, almond dapat menjadi pilihan terbaik, makanan seperti pisang, alpukat, serta kacang-kacangan lainnya juga akan sangat membantu.

9. Kentang Panggang

Ini adalah salah satu makanan yang efektif meredakan sakit kepala, terutama jika rasa sakit ditimbulkan akibat konsumsi alkohol. Alkohol adalah diuretik yang menjadi unsur utama penyebab dehidrasi dan hilangnya elektrolit dalam tubuh, yang mana akan berujung pada sakit kepala.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium seperti kentang panggang adalah salah satu cara untuk membantu meringankan sakit kepala Anda.

10. Salsa Pedas

Salsa merupakan makanan yang efektif untuk mengobati sakit kepala terutama yang disebabkan oleh kemacetan sinus, makanan pedas akan membantu mendorong keluarnya lendiri dan saluran udara serta menurunkan tekanan. Makanan panas dan pedas lainnya seperti cabai juga akan efektif.

Penyebab Sakit Kepala

Tahukah Anda bahwa tidak hanya demam, flu, dan stress yang dapat menyebabkan sakit kepala? Mungkin Anda pernah mengalami pusing tanpa tahu penyebabnya. Sebenarnya, ada banyak faktor penyebab sakit kepala. Apa saja?

Menggunakan parfum

Bagi sebagian orang, wangi harum tidak memiliki efek negatif. Namun bagi orang yang memiliki reaksi yang buruk terhadap suara, cahaya, dan bau, aroma parfum yang menyengat dan bau menyengat lainnya seperti pewangi pada alat-alat rumah tangga dapat menyebabkan sakit kepala.

Mengunyah permen karet

Gerakan mengunyah yang berulang dapat menyebabkan sakit kepala. Namun, yang lebih mengejutkan, bahan utama permen karet, seperti aspartam, dapat menyebabkan sakit kepala mendadak. Pemanis buatan ini banyak ditemukan dalam permen karet populer yang bebas gula. Bahan ini juga dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam memilih permen karet.

Berhadapan dengan cahaya

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di depan layar komputer, di bawah penerangan lampu neon, ataupun di bawah sinar matahari, pantulan sinarnya dapat mempengaruhi sel-sel tertentu pada mata yang akan memicu sakit kepala.

Terkena cuaca buruk

Jika Anda rentan untuk mendapatkan sakit kepala, maka kelembapan tinggi, peningkatan suhu, dan hujan deras serta badai juga dapat menyebabkan Anda sakit kepala. Perubahan tekanan yang menyebabkan perubahan cuaca diduga memicu perubahan senyawa kimia dan senyawa elektrik di dalam otak, dan dapat mengganggu saraf yang mengarah ke sakit kepala.

Berhubungan seksual

Banyak pria dan wanita mengalami sakit kepala saat berada pada puncak gairah. Dokter berpikir bahwa sakit kepala seksual disebabkan oleh adanya tekanan pada kepala dan otot leher. Sakit kepala seksual dapat terjadi selama foreplay atau sesaat dan sebelum orgasme. Hal tersebut dapat berlangsung selama beberpa menit hingga 1 jam.

Bersantai setelah stres

Ketika Anda beraktivitas selama kurang lebih 10 jam dari hari Senin hingga Jumat, Anda merasa badan Anda sehat, namun setelah beristirahat pada hari Sabtu Anda mengalami sakit kepala yang tak tertahankan. Kenapa bisa begitu? Hal itu disebabkan oleh hormon stress, akibat ketegangan yang dialami dari hari Senin-Jumat tiba-tiba menurun. Hal tersebut memicu pelepasan cepat neurotransmitter (pembawa sinyal kimia ke otak) yang menyebabkan pembuluh darah yang sempit tiba-tiba membesar. Itulah yang menyebabkan rasa sakit pada kepala Anda.

 Memendam amarah

Ketika Anda marah, otot-otot di belakang leher dan kulit kepala akan menegang. Hal itu akan menyebabkan sensasi pada kepala seperti memakai ikatan kepala yang sangat ketat. Ini adalah tanda sakit kepala saat otot menegang.

Mengonsumsi makanan tertentu

Keju, kalkun, dan cokelat hitam (dark chocolate) memungkinkan untuk menyebabkan sakit kepala. Seluruh makanan tersebut mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan migrain. Makanan lain seperti daging olahan dan ikan juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Berbicara di telepon dengan cara yang salah

Menahan telepon di antara telinga dan bahu untuk percakapan yang berlangsung lama dapat memberikan ketegangan pada leher Anda yang mengakibatkan sakit kepala. Gunakan headset atau earphone bila memungkinkan.

Postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan ketegangan di punggung bagian atas, leher, dan bahu yang dapat menyebabkan sakit kepala. Biasanya gejala berupa nyeri di dasar tengkorak.

Memiliki berat badan berlebih

Para peneliti dari Johns Hopkins University School of Medicine menemukan bahwa seseorang yang memiliki obesitas mengalami sakit kepala 2 kali lebih banyak dari orang yang memiliki berat badan yang sehat.

Tas Anda terlalu berat

Jika berat tas yang Anda pikul melebihi 4 kg, ini dapat meningkatkan ketegangan pada leher dan menyebabkan sakit kepala. Meringankan beban dalam tas atau membagi dua beban akan menjadi solusi yang efektif.

Berolahraga tanpa pemanasan

Pemanasan sebelum berolahraga tidak hanya membantu melindungi otot Anda, namun juga memberikan kesempatan pada otak untuk menyesuaikan diri terhadap meningkatnya adrenalin. Menghindari sakit kepala dengan meregangkan tubuh selama 5-10 menit dapat menjadi solusi yang tepat.

Makan es krim

Jika Anda pernah merasakan rasa sakit yang menusuk pada dahi Anda ketika memakan es krim, maka Anda sensitif terhadap makanan dingin. Sakit kepala dapat terjadi karena bahan dingin yang bergerak di langit-langit mulut dan belakang tenggorokan Anda. Selain es krim, makanan dan minuman dingin lainnya dapat menyebabkan efek yang sama.

Previous Post
Next Post

0 komentar: