Senin, 23 Oktober 2017

Sakit Kepal Terus Menerus, Penyebabnya, dan Cara Mengobtinya

Penyebab sakit kepala terus menerus mungkin berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya karena ada banyak hal yang dapat menyebabkan ini terjadi. Sakit kepala yang terjadi dalam waktu lama bisa merupakan sakit kepala harian biasa tetapi terjadi terus menerus, namun bisa juga itu merupakan gejala suatu penyakit lain. Banyak penyakit lain yang gejalanya berupa sakit kepala terus menerus. Jika Anda sebelumnya sudah berusaha mengobati sendiri sakit kepala ini namun tidak sembuh-sembuh, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk diketahui sebab pastinya.
obat sakit kepala
Sakit kepala yang terjadi terus-menerus dapat membuat aktivitas sehari-hari tidak nyaman dan terganggu, bahkan jika sakit kepalanya sedang parah, tidak bisa beraktivitas dan harus beristirahat. Penyebab sakit kepala ini bermacam, bisa merupakan karena gaya hidup tidak sehat, yang mana sakit kepala ini akan dapat berkurang jika Anda memulai gaya hidup yang benar, atau bisa jadi juga dikarenakan ada gangguan pada tubuh Anda, yang cara mengatasinya membutuhkan pengobatan.

Berbagai Macam Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Sakit kepala terus menerus jika telah terjadi dalam waktu 3 bulan dan terjadi lebih dari 15 hari tiap bulannya, maka bisa disebut sebagai sakit kepala kronis. Sakit kepala terus menerus yang umum terjadi adalah 2 tipe, migrain atau sakit kepala sebelah, dengan ciri-ciri umumnya terjadi hanya pada salah satu sisi kepala, bisa bergantian (tidak bersamaan), kemudian kepala rasanya terngiang-ngiang atau berdenyut-denyut. Jika parah migrain ini akan mengakibatkan mual hingga muntah. Tipe berikutnya adalah tipe sakit kepala yang rasanya seperti tertekan yang terjadi pada bagian kanan dan kiri kepala secara bersamaan.

Sakit kepala terus menerus kadang sulit diobati karena cukup sulit untuk mengetahui penyebab pastinya, tanpa mengetahui penyebab pasti dari sakit kepala tersebut, maka pengobatan hanya akan berefek sementara. Penyebab sakit kepala ini umum adalah stres serta depresi. Tekanan pekerjaan maupun keluarga yang tidak kunjung teratasi sedikit demi sedikit akan menyebabkan sakit kepala. Stres akan menyebabkan pelepasan zat kimia yang akan mengganggu pembuluh darah.

Penyebab sakit kepala terus menerus berikutnya adalah kurangnya istirahat. Waktu tidur yang tidak cukup dan tidak teratur akan menyebabkan sakit kepala yang terus menerus hingga hal ini diperbaiki. Pekerjaan memang penting, namun jika tubuh sudah lelah sebaiknya beristirahat. Begitu juga saat bersenang-senang, sering kali lupa waktu sehingga sampai-sampai tidak tidur.

Penyebab sakit kepala juga ternyata bukan hanya tekanan darah yang tinggi, stress atau gangguan pada otak yang dapat memicu sakit kepala, tapi hal sederhana seperti parfum atau makananpun dapat menyebabkan sakit kepala yang menggangu.

10 hal sederhana yang dapat menyebabkan sakit kepala adalah :

  1. Udara panas.
  2. Aroma yang menyengat.
  3. Seperti aroma cat, minyak wangi dan beberapa jenis bunga.
  4. Melewatkan makan. Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong, hindari mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, karena akan memperparah kadar gula darah. Belum lagi pada penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat memberikan efek sakit kepala.
  5. Dehidrasi. Kurangnya cairan juga dapat berdampak pada keseimbangan sel dalam tubuh kita, yang dapat memberikan manifestasi berupa sakit kepala.
  6. Ikatan rambut, kepangan atau penggunaan headband yang terlalu kencang.
  7. Karena menyebabkan penghubung jaringan dikulit kepala menegang.
  8. Aktivitas seks dan latihan fisik yang berlebihan, terutama bagi penderita migrain.
  9. Gerakan atau postur tubuh yang salah. Misalnya menjepit telepon diantara telinga dan pundak, duduk dengan kursi tanpa penyangga punggung, jarak pandang yang terlalu dekat atau terlalu jauh (misalnya pada monitor atau tv) .
  10. Zat tiramin. Atau zat yang terkandung didalam makanan yang proses pembuatannya memakan waktu lama, misalnya keju (termasuk blue cheese, keju cheddar, keju parmesan dan keju Swiss). Semakin lama proses pembuatan makanan tersebut, semakin banyak kandungan tiramin didalamnya. Tiramin juga banyak terdapat pada minuman beralkohol, dan kandungan alkohol tersebut juga dapat meningkatkan tekanan darah ke otak sehingga membuat Anda semakin pusing.
  11. Asap rokok.. Nikotin yang terkandung didalamnya menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. Terutama bagi penderita migrain, asap rokok akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, bahkan akan berpengaruh juga pada mata dan hidung.
  12. Konsumsi kafein berlebihan.

Mengenali Gejala yang Timbul

Banyak kasus sakit kepala kronis primer yang tidak diketahui penyebabnya. Namun, sakit kepala kronis non-primer, memiliki beberapa kemungkinan penyebab, antara lain infeksi, peradangan atau gangguan pembuluh darah otak, tumor otak, cedera dan gangguan tekanan pada otak.

Beberapa jenis sakit kepala terus-menerus yang umum terjadi, diantaranya :

1. Migren kronis
Migrain jenis ini umumnya terjadi pada seseorang yang pernah mengalami migrain sebelumnya. Dapat dikenali dengan gejala berupa sakit kepala pada satu atau dua sisi kepala, sensasi berdenyut, dan kemungkinan menyebabkan rasa sakit menengah sampai sakit luar biasa. Migrain kronis dapat dipicu oleh aktivitas fisik rutin. Kondisi ini juga mungkin diiringi dengan mual, muntah, dan sensitif terhadap suara serta cahaya. Baca: Cara Ampuh Mengobati Sakit kepala Migrain Secara Alami

2. Sakit kepala yang baru timbul dan terjadi terus-menerus
Sakit kepala jenis ini biasa muncul mendadak. Dengan gejala sakit kepala yang menekan atau kepala terasa mengencang. Rasa sakitnya mulai dari ringan hingga menengah, tanpa dipengaruhi oleh aktivitas tertentu. Umumnya terjadi selama tiga hari berturut-turut pada serangan pertama.

3. Sakit kepala tegang kronis
Sakit kepala jenis ini ditandai dengan gejala rasa sakit yang menekan pada dua sisi kepala. Intensitasnya mulai dari ringan hingga menengah. Sakit kepala tegang yang terjadi secara kronis dapat terjadi tanpa pemicu aktivitas fisik. Sebagian orang mengalami peningkatan sensitivitas di kepalanya ketika disentuh.

4. Hemicrania continua
Ditandai dengan sakit kepala di salah satu sisi kepala, tiap hari secara terus-menerus dengan intensitas yang naik turun. Bisa diiringi dengan gejala mata berair atau merah pada sisi yang terasa sakit, hidung tersumbat atau berair, menurunnya kelopak mata atau pembesaran pupil mata dan merasa lelah. Sakit kepala ini biasanya akan menjadi lebih parah, dengan munculnya gejala-gejala mirip migrain.

5. Sindrom pascatrauma
Sakit kepala terus-menerus kemungkinan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama setelah trauma kepala.

6. Sakit kepala akibat usia lanjut
Umumnya dialami pasien di atas usia 60 tahun, yang dipicu oleh tekanan bola mata yang meningkat atau disebut glaukoma, baru sembuh dari infeksi herpes, penyakit pembuluh darah seperti arteritis sel raksasa atau alasan psikologis.

7. Sakit kepala berulang
Sakit kepala ini merupakan akibat dari penggunaan obat pereda nyeri berlebihan. Penggunaan obat pereda nyeri dalam jangka waktu lama ataupun obat ergotamine untuk mengobati migrain yang dihentikan tiba-tiba, kemungkinan akan memicu sakit kepala rebound.

8. Sakit kepala akibat peningkatan tekanan intrakranial
Dapat dipicu oleh tumor otak, kista atau volume cairan otak yang meningkat sehingga tekanan di kepala meningkat. Gejalanya berupa sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba, parah serta diiringi gejala gangguan saraf lain seperti muntah, kejang-kejang dan gangguan penglihatan. Namun sering kali diawali dengan sakit kepala konstan selama beberapa waktu pada saat tekanan di dalam rongga kepala meningkat secara bertahap sebelum akhirnya menimbulkan gejala-gejala di atas.

Cara Mengobati Sakit Kepala Terus Menerus dengan Cara Alami

Karena sakit kepala terus menerus sangat mengganggu, sudah seharusnya sakit kepala diatasi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan obat dari segala macam penyakit. Air dapat dengan mudah diserap oleh tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak. Ia juga bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit. Maka perbanyaklah konsumsi air putih setiap harinya minimal 8 gelas.

2. Olahraga

Olahraga harus dijadikan kebiasaan. Olahraga yang ringan dan rutin adalah lebih baik daripada olahraga berat yang jarang. Olahraga mampu melancarkan peredaran darah dan meringankan Sakit Kepala Terus Menerus.

3. Hentikan konsumsi obat-obatan

Jika kita terbiasa mengkonsumsi obat pereda sakit kepala maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu untuk menghentikan efek rebound.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Daripada banyak mengkonsumsi junk food atau makanan tinggi lemak dan kolesterol akan lebih baik jika kita konsumsi buah dan sayur karena mereka kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh.

5. Atasi penyebab sakit kepala

Jika kita sering merasa stres, atau bekerja terlalu keras sampai sering begadang, maka kita harus menghentikan semua hal tersebut. Atasi penyebab stres, kemudian istirahat yang cukup bisa meringankan sakit kepala.

Makanan Sehat Penyembuh Sakit Kepala

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat untuk meredakan bahkan menyembuhkan sakit kepala, yang dapat menjadi solusi efektif bila Anda lakukan pada waktu yang tepat:

1.Semangka

Salah satu alasan utama penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Jadi, konsumsi pil sebenarnya bukanlah cara yang terbaik. Anda dapat memilih semangka, salah satu makanan sehat untuk sakit kepala.

Setiap makanan yang mengandung kadar air yang tinggi seperti sup, melon, mentimun, tomat dan selada juga dapat menjadi solusi. Buah semangka kaya akan mineral seperti magnesium, yang merupakan kunci untuk mencegah terjadinya sakit kepala.

2. Kopi

Kopi juga mampu meredakan sakit kepala, terutama bila rasa sakit disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Namun harus Anda perhatikan jumlah asupan kopi, batasi hingga satu cangkir saja. Apabila Anda mengkonsumsi terlalu banyak, maka ini akan menyebabkan dehidrasi dan dapat memperparah sakit kepala Anda.

3. Kacang almond

Almond adalah salah satu makanan sehat yang tidak hanya efektif untuk mengatasi sakit kepala, namun juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit lainnya. Almond kaya akan magnesium, yang dapat membantu memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah yang menegang.

Saat Anda menderita migraine, almond dapat menjadi pilihan terbaik, makanan seperti pisang, alpukat, serta kacang-kacangan lainnya juga akan sangat membantu.

4. Kentang Panggang

Ini adalah salah satu makanan yang efektif meredakan sakit kepala, terutama jika rasa sakit ditimbulkan akibat konsumsi alkohol. Alkohol adalah diuretik yang menjadi unsur utama penyebab dehidrasi dan hilangnya elektrolit dalam tubuh, yang mana akan berujung pada sakit kepala.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium seperti kentang panggang adalah salah satu cara untuk membantu meringankan sakit kepala Anda.

5. Salsa pedas

Salsa merupakan makanan yang efektif untuk mengobati sakit kepala terutama yang disebabkan oleh kemacetan sinus, makanan pedas akan membantu mendorong keluarnya lendiri dan saluran udara serta menurunkan tekanan. Makanan panas dan pedas lainnya seperti cabai juga akan efektif.

Dalam menangani sakit kepala yang berkelanjutan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter ahli. Mengkonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter hanya akan memperparah sakit kepala. Dokter akan mampu untuk mendiagnosa penyebabnya sehingga penanganannya bisa lebih tepat. Selain itu, dokter bisa melakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dan mendalam untuk mengetahui apabila ada indikasi/tand dan ciri penyakit lain dibalik Sakit Kepala Terus Menerus yang dialami.


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang kurang jelas silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi Anda, salam.

Previous Post
Next Post

0 komentar: