Senin, 23 Oktober 2017

7 Cara Mencegah Sakit Kepala Paling Tepat

Cara Mencegah Sakit Kepala - Sakit kepala bisa datang kapan saja dan sama siapa saja, bahkan hampir semua orang pernah mengalaminya. Bisa satu minggu sekali atau mungkin setiap hari.
Sakit kepala hingga mengarah pada bola mata atau telinga, mual, muntah, dan penurunan nafsu makan. Hal yang paling fatal dari sakit kepala kronis atau terus menerus adalah kehilangan kesadaran.
obat sakit kepala
Banyak yang menganggapnya keluhan ringan itu karena bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat sakit kepala.
Namun harus di ingat bahwa terlalu banyak mengkonsumsi obat tentunya tidak baik bagi kondisi ginjal. Dan, daripada mengobati akan jauh, cara lebih baik dan efektip adalah dengan melakukan pencegahan.

Menghindari Sakit Kepala

Berikut ini langkah-langkah pencegahan sakit kepala.

1. Hindari aroma tertentu

Tidak sedikit orang yang alergi dengan aroma tertentu. Kemudian sering sakit kepala ketika mencium aroma sesuatu. Tiga aroma yang diketahui bisa memicu hal ini adalah aroma bensin, rokok dan parfum. Untuk mencegahnya, selalu sediakan aroma favorit di tas. Sehingga, ketika muncul aroma menggangu bisa mengalihkannya.

2. Tarik napas panjang

Ketika banyak pekerjaan, sangat sibuk, stres pun Anda alami. Untuk mengurangi stres, lakukan tarik napas panjang beberapa kali dan buang secara perlahan. Cara ini membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.

Saat stres, anda cenderung mengambil napas pendek, oksigen yang masuk ke otak jadi lebih sedikit dan pembuluh darah jadi jangan tegang. Sakit kepala pun tak terhindarkan. Jadi, usahakan untuk menarik napas panjang.

3. Hindari makanan yang difermentasi atau diasap

Makanan seperti daging asap, ikan asap, acar, atau yang melalui proses penyimpanan lama, seperti dilansir dari Prevention, diketahui bisa dengan mudah memicu sakit kepala. Itu karena, mengandung sulfit, yang melebarkan pembuluh darah sehingga menimbulkan nyeri di kepala.

4. Matikan HP/laptop

Berjam-jam kita sering menatap HP/laptop, Hal ini membuat mata kering dan lelah. Mata yang terus menatap layar komputer mengaktifkan retina secara berlebihan dan memicu sakit kepala. Cobalah istirahan 10 menit, matikan HP/laptop dan pejamkan mata, dan istirahtkan.

5. Menghindari Perubahan Posisi secara Mendadak

Perubahan posisi secara mendadak pun dapat menimbulkan sakit kepala. Hal ini diketahui karena sakit kepala memang ditimbulkan oleh permasalahan keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh yang terganggu ini menyebabkan pergerakan tiba-tiba dapat membuat lingkungan berputar dan terasa pusing mendadak. Oleh karena itu, melakukan pergerakan dengan perlahan-lahan dan hindari perubahan posisi mendadak. Cara seperti ini juga sangat cocok untuk menghindari terjadi sakit verigo.

6. Memosisikan Kepala yang Lebih Tinggi saat Tidur

Di anatara cara untuk mencegah sakit kepala terjadi pada seseorang, dapat di lakukan dengan  cara memposisikan kepala dengan tepat saat tidur. Posisi kepala selama tidur yang tidak tepat sangat membahayakan. Hal ini dilatarbelakangi oleh tersumbatnya aliran darah ke kepala. Oleh sebab itu, cara tidur orang diharapkan dapat memposisikan kepala yang lebih tinggi saat tidur. Posisi kepala yang lebih tinggi dapat membuat kepala dapat lebih mudah menerima dan mengalirkan darah. Sakit kepala pun dapat lebih mudah dicegah.

7. Menghindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol merupakan kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan oleh masyarakat masa kini. Konsumsi minuman beralkohol ini seringkali dikira sebagai gaya hidup terkini yang membuat semakin banyak anak-anak memiliki kecanduan pada minuman beralkohol. Dalam hal mencegah penyakit sakit kepala dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol ini dapat membuat penyakit kepala menjadi lebih mudah kambuh dan semakin mudah sakit.
Baca juga:  Penyebab Sakit Kepala

Mengobati Sakit Kepala

Pada umumnya untuk mengobati sakit kepala dapat memakai obat-obatan yang dijual bebas, seperti ibuprofen, paracetamol, dan aspirin bisa mengatasi sakit kepala, baca: Obat Sakit Kepala Paling Ampuh di Apotik. Selain itu, beberapa terapi alternatif juga bisa dilakukan untuk mengurangi dan mengobati sakit kepala, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi kentang

Kentang merupakan makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Ada banyak sekali manfaat kandungan kalium bagi kesehatan tubuh, salah satunya melancarkan sistem peredaran darah.
Apabila peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, maka secara otomatis sakit kepalapun dapat teratasi dengan mudah. Oleh sebab itu, menghilangkan sakit kepala dengan kentang sangatlah baik.

2. Tidur dengan baik dan teratur

Salah satu penyebab munculnya sakit kepala adalah kurang tidur. Kondisi kurang tidur dapat menyebabkan penegangan pada bagian otot dan sistem saraf. Dari sinilah sakit kepala bisa muncul. Maka dari itu hindari tidak tidur sampai larut malam. Terutama bagi yang mempunyai penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah, sperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan masih banyak lagi.

Pastikan setiap hari Anda minimal tidur selama kurang lebih 8 jam. Apabila tidak bisa, silahkan Anda luangkan waktu setiap 5 jam sekali untuk tidur 30 menit saja.

3. Berbaring dengan kaki diatas

Inilah cara menghilangkan sakit kepala yang paling mudah tanpa bantuan obat, tanpa bantuan bahan alami, dan tanpa bantuan orang lain. cukup dengan berbaring dan meletakan kaki diatas selama 1 jam, sakit kepala Anda akan hilang dengan sangat mudah.

Cara tersebut sangatlah mujarab untuk mengatasi sakit kepala. Sebab dengan meletakan kaki diatas kepala (saat berbaring), peredarah darah dari bawah akan menuju dan mengisi pada bagian otak.

4. Konsumsi buah pisang

Taukah anda? ternyata buah pisang mengandung senyawa potassium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua kandungan senyawa inilah yang dipercaya oleh para ahli sangatlah baik untuk menghilangkan sakit kepala migrain.
Maka dari itu, jika Anda mengalami sakit kepala sebelah atasi dengan cara mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap harinya.

5. Gunakan es batu

Salah satu cara untuk meringankan dan menyembuhkan sakit kepala adalah es batu,. Es batu memiliki sifat yang sangat dingin, kandungan sifat dinginnya inilah yang bisa mengatasi sakit kepala Anda dengan cepat, bahkan es batu juga mampu mengobati sakit kepala berat.

Cara menghilangkan sakit kepala dengan es batu sangatlah mudah sekali, cukup dengan mengosok-gosokan es batu secara perlahan-lahan pada bagian kening, bagian samping kepala, dan bila perlu pada bagian belakang kepala.

6. Konsumsi banyak air putih

Tubuh kita pada dasarnya lebih dari 70 % tersusun atas cairan. Sehingga konsumsi cairan setiap harinya sangatlah penting untuk tubuh, salah satunya mampu mengoptimalkan sistem metabolisme.

Seperti yang telah kami lansir dari sebuah penelitian di Universitas of Chicago Amerika Serikat, konsumsi air putih minimal 8-10 gelas akan membantu seseorang mencegah dehidrasi, yang mana dehidrasi inilah yang menjadi salah satu pemicu munculnya sakit kepala.

7. Konsumsi makanan yang mengandung mint

Sakit kepala dapat muncul salah satunya disebabkan karena maag dan telat mengonsumsi makanan. Untuk mengobati sakit kepala akibat maag ini tergolong berbeda dari jenis sakit kepala lainnya. Karena jika mengonsumsi obat yang salah, maag Anda akan semakin parah.

Solusinya Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung sneyawa mint. Tanda bahwa makanan tersebut mengandung mint adalah berasa semriwing dan segar.

8. Gunakan biji wijen

Biji wijen sangatlah terkenal dengan kandungan vitamin E di dalamnya. kandungan vitamin E inilah yang mampu mengatasi sakit kepala migrain yang Anda derita.

Tidak hanya menghilangkan migrain saja, tetapi kandungan magnesium tinggi pada makanan tersebut juga baik untuk menghilangkan sakit kepala bagian belakang.

Selain mengonsumsi biji wijen, Anda juga bisa mendapatkan asupan magnesium dari bahan-bahan alami lain, seperti minyak zaitun, gandum, 
kentang manis, dan masih banyak lagi.

9. Lakukan peregangan (streching)

Streching merupakan aktivitas peregangan yang sangat baik untuk menenangkan saraf dari penegangan yang terjadi. Sehingga peregangan ini bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sakit kepala.

Ada banyak sekali latihan peregangan yang bisa Anda lakukan, namun saya sarankan Anda melakukan yoga saja. Sebab selain Anda bisa melakukan streching, dengan yoga Anda juga bisa mendapatkan olahraga yang ringan dalam pembakaran lemak tubuh.

10. Mengkonsumsi semangka

Tahukah Anda manfaat sebenarnya dari semangka? Buah yang segar dan kaya akan air ini ternyata mengandung senyawa kalium yang cukup tinggi. Selain kalium bermanfaat untuk sistem peredaran darah, kandungan tersebut juga sangat efektif untuk mengobati sakit kepala.

Anda bisa menghilangkan sakit kepala dengan konsumsi semangka merah dan kuning. Namun lebih lebih perbanyak konsumsi pada pangkal daging buah semangka tersebut. Sebab pada bagian itulah yang mengandung kalium cukup tinggi.
Baca juga: Penyebab Sakit kepala Sebelah Kanan Dan Cara Mngatasinya

Demikian informasi tentang Cara Mencegah Sakit Kepala, semoga segala penyakit yang anda derita di angkat oleh ALLAH amiiinnn. Terimakasih telah mengunjungi situs Obat Sakit Kepala  semoga semua informasi yang kami berikan bermanfaat dan dapat membantu Anda yang lagi membutuhkan.

Previous Post
Next Post

0 komentar: