Jumat, 13 Oktober 2017

Cara Ampuh Menyembuhkan Sakit Kepala Pertigo

Vertigo adalah suatu gejala keseimbangan yang terjadi pada telinga bagian dalam sehingga orang yang terserang vertigo merasa pusing atau ruang di sekelilingnya terasa berputar atau melayang. Penyakit vertigo menunjukkan bahwa telah terjadi ketidakseimbangan dalam tonus vestibular.
obat sakit kepala

Penyebab terjadinya Vertigo dan Cara Mengatasi Vertigo

Penyebab vertigo disebabkan karena beberapa faktor seperti migrain, radang pada leher, kelainan saraf, mabuk kendaraan, mabuk karena pengaruh alkohol, adanya infeksi bakteri pada telinga, gangguan penglihatan, kekurangan asupan oksigen ke otak, tekanan emosional, stres, dan obat-obatan. Vertigo tidak di sebabkan faktor turunan.

Vertigo bisa disebabkan oleh beberapa macam sperti berikut ini:

Vertigo karena Gangguan telinga bagian dalam
Sebagian besar vertigo terjadi ketika seseorang secara tiba-tiba mengubah posisi kepala, misalnya ketika bangun tidur atau berdiri dengan cepat. Rasa pusing yang dirasakan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit.
Vertigo jenis ini terjadi akibat masalah yang pada telinga bagian dalam dan dikenal sebagai Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Banyak lagi penyebab sakit kepala berputar. Untuk masalah telinga anda bisa memanfaatkan herbal black cummin dan air kelapa.

Vertigo karena penyakit sistem saraf pusat
Gangguan sistem saraf pusat karena beberapa penyakit seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, tumor, atau stroke yang bisa menyebabkan penyakit vertigo.

Vertigo karena migrain
Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala tetapi juga mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang disebabkan karena migrain biasanya dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga beberapa hari.

Vertigo karena peradangan atau infeksi
Infeksi yang menyerang pada tubuh anda seperti pilek, flu, atau yang lainnya sehingga dapat mempengaruhi kinerja telinga bagian dalam dan akhirnya mengakibatkan terjadinya verti

Vertigo karena gangguan penglihatan
Masalah syaraf pada mata akan berakibat vertigo. Karena mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh.
Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo. Anda juga bisa merasakan sakit kepala berputar dan ini sangat tidak baik. Pada sebagian besar pasien mereka keluhannya adalah karena masalah mata dan ada juga yang sangat parah.

Vertigo karena tumor sudut cerebellar-pontine
Tumor yang satu ini bertumbuh lambat, yang memungkinkan sistem vestibular untuk terus mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga pada akhirnya manifestasi klinis yang dihasilkan berupa sensasi samar ketidakseimbangan dan bukan vertigo akut.

Vertigo karena mabuk
Berpergian jarak jauh yang menggunakan kendaraan darat, udara, maupun laut sering terjadi mabuk. Mabuk tersebut dapat memancing datangnnya penyakit vertigo.

Vertigo karena posisi tidur
Perlu anda ketahui posisi tidur juga harus sesuai aturan, karena tidak sedikit permasalahan kesehatan yang di sebabkan oleh salah posisi tidur.
Bantal kepala yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa mempengaruhi munculnya vertigo dan apalagi jika baru bangun tidur langsung bangun dengan cepat.

Verigo karena alkohol
Tentu saja semua minuman yang beralkohol akan membuat seseorang merasa mabuk dan pusing berputar. Hal ini sudah tidak di ragukan lagi. Jadi anda harus hati-hati dan jauhi minuman keras.

Vertigo karena diplopia
Diplopia atau pandangan ganda juga salah satu faktor yang akan merusak kepala anda. Masalah mata ini akan memicu gejala vertigo dan anda akan merasakan pusing berputar.

Penyakit vertigo juga dapat disebabkan karena berbagai faktor selain faktor-faktor di atas, seperti:
  • terhisap zat kimiaGangguan pada otak, misalnya tumor.
  • Obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga.
  • Trauma atau luka di kepala dan leher.
  • berada dalam ruangan yang tertutup terlalu panas

Cara Mengatasi Vertigo

Apabila gejala-gejala vertigo menyerang Anda, jangan terlalu panik karena ada beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan.
Selain mengkonsumsi obat vertigo di apotik, Anda bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini untuk mengurangi gejala vertigo.

Untuk mengatasi sakit kepala vertigo Anda dapat melakuka latihan vestibular.
Seperti apakah latihan vestibular?? Berikut ini caranya:
  • Berdiri tegak, kemudian buka mata dan tutup. Lakukan 5 kali.
  • Gerakan kepala berputar. Pasang dagu ke dada, putar kepala ke kiri, dan mengubah ke arah kanan, lakukan 3 kali.
  • Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turun dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian naik lagi menghadap ke atas perlahan-lahan dan lakukan 3 kali.
  • Melatih gerakan kepala miring, yaitu dengan mencoba untuk tetap telinga bagian kiri ke bahu kiri. Tahan sampai 15 detik, kemudian lakukan pada telinga sebaliknya. Ulangi setiap bagian telinga masing 3 kali.
  • Duduk dengan posisi punggung lurus dan mata terbuka. Lalu berdiri. Pada saat Anda berdiri, tutup mata dan Ulangi 3 kali.
  • Melatih gerakan bola mata Anda ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Ulangi pada setiap arah masing-masing 3 kali. Kemudian lanjutkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal.
  • Melakukan praktek otot mata dengan mengikuti kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata pada obyek stasioner.
Terapi rehabilitasi vestibular guna membantu otak untuk beradaptasi dengan sinyal membingungkan dari telinga yang jadi penyebab vertigo, sehingga frekuensinya berkurang.
Baca juga: 10 Obat Alami Sakit Kepala Terpercaya
Selain penanganan dari dokter atau ahli terapi, kita juga bisa dapat melakukan beberapa cara untuk mengurangi atau mencegah gejala-gejala vertigo.

Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Menghindari gerakan dengan secara tiba-tiba agar anda tidak terjatuh.
  2. Segera duduk jika vertigo menyerang.
  3. Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.
  4. Gerakkan kepala secara perlahan-lahan.
  5. Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk.
  6. Bagi Anda yang juga menderita penyakit Meniere, batasi konsumsi garam dalam menu sehari-hari.A

Obat Vertigo di Apotik

Apabila gejala vertigo yang Anda alami sudah sangat parah,  maka kami menyarankan agar anda segera ke dokter dan minta obat vertigo resep dokter untuk meredakan sakit vertigo Anda.
Berikut ini beberapa daftar nama obat vertigo di apotik, diantaranya:
  • Mertigo
obat sakit kepala
Mertigo merupakan salah satu obat yang dipercaya sebagai obat vertigo yang ampuh, obat ini digunakan untuk meredakan penyakit vertigo dan gangguan pendengeran terkait dengan penyakit meniere. Anda bisa menemukan obat vertigo ini di apotik dan mini market terdekat. Mertigo tersedia dalam kemasan tablet mg, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter.

Mertigo Obat Vertigo Di Apotik
Komposisi : Betahistine Mesylate
Indikasi :
mengatasi vertigo, penyakit meniere
Dosis :
Dewasa 1 tablet 3 kali sehari
Perhatian : tidak disarankan bagi penderita asma bronkial, riwayat ulkus peptikum, anak-anak atau remaja di bawah usia 18 tahun, gunakan sesuai dengan resep dokter
Efek Samping :
keluhan pada ulu hati, ruam kulit
Kemasan : 10 tablet / Strip

  • Stugeron
obat sakit kepala 1
Obat ini juga dapat bekerja dengan melebarkan pembuluh darah tanpa meurunkan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan zat dalam obat vertigo paten ini dapat memperbaiki sirkulasi darah pada pembuluh darah yang menyempit dengan mengurangi kekentalan darah.
Jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit vertigo, segera atasi dengan menggunakan obat vertigo di apotik seperti obat Stugeron yang tersedia dalam kemasan tablet 25 mg.

Stugeron Obat Vertigo Di Apotik
Komposisi :
Cinnarizine
Indikasi :
mengatasi vertigo, gangguan keseimbangan, gangguan sirkulasi darah
Dosis :
Dewasa 1 tablet 3 kali sehari
Perhatian :
tidak disarankan bagi penderita parkinson, hipersensitif terhadap Cinnarizine
Efek Samping :
mual, muntah, nyeri perut, penurunan nafsu makan
Kemasan : 25 tablet / Strip
  • Vastigo

obat sakit kepala 2
Obat generik vertigo berbentuk tablet ini juga berkhasiat untuk meredakan tinitus dan gangguan pendengaran yang berkaitan dengan penyakit meniere. Vastigo termasuk jenis obat antagonis reseptor histamin H3. Anda bisa membeli obat vertigo di apotik dengan kemasan Dos isi 10 strip.

Vastigo Obat Vertigo Di Apotik
Komposisi :
Betahistin Mersilat
Indikasi :
mengatasi vertigo, sindrom meniere, vertigo perifer
Dosis :
Dewasa 1-2 tablet 3 kali sehari
Perhatian :
Tidak disarankan bagi penderita gastric ulcer, asma bronkial, ibu hamil dan menyusui
Efek Samping :
gangguan pencernaan, mual, muntah, hipersensitivitas, ruam
Kemasan : 10 tablet / Strip
  • Betaserc
obat sakit kepala 3
Kandungan Betahistine dalam obat ini bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah kembali lancar. Betaserc sebagai obat vertigo di apotik tidak dijual secara bebas dan membutuhkan resep dokter. Obat ini juga tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Obat vertigo yang ampuh ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit meniere.

Betaserc Obat Vertigo Di Apotik
Komposisi :
Betahistine Mesylate
Indikasi :
mengatasi vertigo, penyakit meniere
Dosis :
Dewasa 1 tablet 2 kali sehari
Perhatian :
tidak disarankan bagi penderita asma bronkial, riwayat ulkus peptikum
Efek Samping :
keluhan pada ulu hati, ruam kulit
Kemasan : 10 tablet / Strip
Baca juga: Obat Sakit Kepala Paling Ampuh di Apotik
Itulah sekilas informasi mengenai cara ampuh menyembuhkan sakit kepala vertigo, semoga artikel ini bermanfaat. salam. Obat Sakit Kepala
Previous Post
Next Post

0 komentar: