Selasa, 17 Oktober 2017

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Paling Ampuh

Migrain atau sering juga disebut sakit kepala atau pusing sebelah tidak diketahui pasti penyebab tertentu, namun ada beberapa faktor pemicu penyakit ini yaitu rutinitas kerja dan stres. Lalu ada faktor pemicu lainnya yaitu karena kurang tidur, stres emosional, pola makan tidak teratur, bau tajam seperti asap rokok dan sinar menyengat dari radiasi komputer dan cahaya.
Penyakit migrain terjadi karena hiperaktifnya implan listrik otak yang bisa menyebabkan aliran darah di otak dan bisa mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan pembengkakan ke otak.
obat sakit kepala
Migrain nyeri kepala berdenyut yang disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Migrain terkadang sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain. Migrain dapat timbul bersama penyakit lain misalnya asma dan depresi.

Anda sering mengalami sakit kepala migrain? Jangan dulu minum obat, kami akan menunjukan kepada Anda bagaimana cara melakukan pijatan untuk meringankan migrain dan cara cara lainnya. Silakan scroll kebawah untuk lanjut baca!

Di seluruh dunia, migrain mengenai 25% wanita dan 10% pria. Migrain paling sering mengenai orang dewasa (umur antara 20 sampai 5o tahun), tetapi seiring bertambahnya umur, tingkat keparahan dan keseringan semakin menurun. Migrain biasanya banyak mengenai remaja. Bahkan, anak-anak pun dapat mengalami migrain, baik dengan atau tanpa aura.

Macam Jenis Migrain

Migrain tergolong menjadi 2 golongan, yaitu:

1. Migrain Biasa (migrain tanpa aura) : migrain yang satu ini yang umumnya di derita.
Migrain dapat di bedakan dengan dngan ditandai nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat dan semakin parah pada saat melakukan aktifitas. Migrain ini biasanya disertai mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau. Dalam 4 sampai 72 jam, biasanya penyakit ini dapat sembuh sekalipun tidak diobati.

2. Migrain Klasik (migrain dengan aura ) : Pada jenis klasik, migrain biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura, yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain.

3. migrain haid: Jenis migrain ini umumnya timbul beberapa hari sebelum, saat atau sesudah haid. 

4. Migrain komplikasi: Jenis migrain ini sering disertai gangguan sistem saraf seperti mati rasa pada kulit dan geli, kesulitan dalam berbicara atau mengerti pembicaraan, tidak mampu menggerakkan lengan dan kaki.

Apa penyebab migrain? Sebagaimana yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa penyebab yang mendasar migrain masih belum begitu jelas. Namun diperkirakan, adanya hiperaktiftas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita.

Apa saja gejala migrain?
  • Gejala Awal: Satu atau dua hari sebelum timbul migrain, penderita biasanya mengalami gejala awal seperti lemah, menguap berlebih, sangat menginginkan suatu jensi makanan (mislanya coklat), gampang tersinggung, dan gelisah, cemas.
  • Aura: Hanya didapati pada migrain klasik. Biasanya terjadi dalam 30 menit sebelum timbulnya migrain. Aura dapat berbentuk gangguan penglihatan seperti melihat garis yang bergelombang, cahaya terang, bintik gelap, atau tidak dapat melihat benda dengan jelas. Gejala aura yang lain yaitu rasa geli atau rasa kesemutan di tangan. Sebagian penderita tidak dapat mengucapkan kata-kata dengan baik, merasa kebas di tangan, pundak, atau wajah, atau merasa lemah pada satu sisi tubuhnya, atau merasa bingung.
  • Sakit kepala dan gejala penyerta: Penderita merasakan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala, sering terasa di belakang mata. Nyeri dapat berpindah pada sisi sebelahnya pada serangan berikutnya, atau mengenai kedua belah sisi. Rasa nyeri berkisar antara sedang sampai berat. 
  • Gejala Akhir:  Setelah nyeri kepala sembuh, penderita mungkin merasa nyeri pada ototnya, lemas, atau bahkan merasakan kegembiraan yang singkat. Gejala-gejala ini menghilang dalam 24 jam setelah hilangnya sakit kepala.
Sebelum anda melakukan hal lain untuk mengatasi sakit kepala sebelah (migrain), coba Anda lakukan mengatasinya dengan cara pijat, cara seperti ini sudah terbukti mampu meringankan bahkan menyembuhkan migrain. Caranya sebagai berikut:
  1. Siapkan minyak urut atau balsem
  2. Siapkan segelas air hangat
  3. Usahakan pijatan ini dilakukan di tempat yang nyaman
  4. Lakukan pijatan hingga selesai.
  5. Setelah itu minumlah air hangat yang telah disediakan tadi.
  6. Selanjutnya, oleskan balsem pada titik sakit kepala Anda. Setelah itu oleskan
  7. balsem pada bagian belakang dan lubang telinga Anda.
  8. Terkahir, cobalah luangkan waktu untuk rileks dan memikirkan hal-hal yang membuat Anda tersenyum gembira.
Apa saja pemicu migrain?

Migrain dapat dipicu oleh makanan, stres, dan perubahan aktivitas rutin harian, walaupun tidak jelas bagaimana dan mengapa hal tersebut dapat menyebabkan migrain. Pemicu migrain ada banyak di antara sebagai berikut:
  • Tidak makan/ terlambat makan
  • Perubahan cuaca atau tekanan udara
  • Konsumsi makanan tertentu, seperti coklat, MSG, dan kopi
  • Tidur berlebihan atau kurang tidur
  • Stres atau tekanan emosi
  • Bau yang sangat menyengat atau asap rokok
  • Sinar yang sangat terang atau pantulan sinar matahari.
  • Faktor gen. Sekitar setengah pengidap migrain memiliki kerabat dekat yang juga mengalami migrain.
  • Perubahan sementara pada zat kimia, jaringan saraf, otak dan pembuluh darah.
  • Konsumsi makanan dan minuman tertentu. Kafein, coklat, keju bumbu penyedap msakan (misal: MSG), dan alkohol dapat memicu migrain.

Pengobatan Migrain

Untuk mengatasi migrain selain cara pijat yang sudah kami bahas di atas, anda juga dapat menggunakan antinyeri yang dapat dibeli bebas tanpa resep, seperti parasetamol, atau obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, atau natrium naproxen.
Dokter biasanya menganjurkan untuk lebih dahulu menggunakan NSAID untuk melihat apakah obat ini mampu mengurangi nyeri sebelum memberikan obat anti migrain golongan lain yang harus dibeli dengan resep, yang mempunyai banyak efek samping. Baca juga: Ramuan Obat Sakit Kepala Herbal Paling Ampuh

Beberapa obat pencegah migrain dapat menimbulkan efek samping ringan sampai berat pada beberapa penderita. Penderita yang mempunyai gangguan jantung atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini. Pasien yang berumur lebih dari 65 tahun, obat pencegah migrain tidak dianjurkan

Jika seseorang menderita sakit migrain disebabkan terlalu banyak makan yogurt, keju atau makanan fermentasi lainnya dumungkinkan penderita mengalami defisiensi vitamin D, asparagin maupun kalium. Demikian juga jika penderita migrain dikarenakan oleh makan – makanan berlemak, maka besar kemungkinan si penderita mengalami defisiensi biotin, sulfur atau asam amino seperti metionin, lisin serta treonin.

Walaupun obat-obatan biasanya merupakan pengobatan utama migrain, terapi pelengkap biasanya dapat membantu mengurangi gejala dan frekuensi serangan migrain. Terapi pelengkap antara lain:

Akupuntur, yaitu dengan menusukkan jarum yang sangat halus ke kulit pada titik tertentu untuk menimbulkan aliran energi di sekujur tubuh. Tindakan ini dapat membantu relaksasi otot dan mengurangi nyeri kepala.

Teknik Relaksasi, yang dapat membantu mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari.

Jika migrain tidak kunjung sembuh setelah mendapat pengobatan, perlu untuk mengubah jenis obat. Jika belum sembuh juga, tes tambahan seperti MRI atau CT Scan perlu dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lain.

Apa yang dapat anda lakukan di rumah?
Sebetulnya ada banyak cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengurangi frekuensi serangan dan mengurangi gejala, misalnya mengurangi stres dan mengeetahui pemicu migrain, kemudian menghindarinya.
  1. Atasi stres yang anda alami, karena migrain lebih sering terjadi pada masa-masa stres.
  2. Mengikuti latihan relaksasi untuk mengunragi ketegangan otot.
  3. Menyediakan obat antinyeri yang dapat dibeli bebas di toko obat.
  4. Buatlah catatan harian mengenai sakit kepala anda.

Cara Mencegah Migrain

Cara terbaik untuk mengatasi migrain adalah dengan cara menghindarinya. Dengan mengetahui dan menghindari pemicu.
Memang, beberapa pemicunya di luar kemampuan kita untuk mengontrolnya, tetapi ada beberapa diantaranya yang dapat kita hindari. Hal-hal berikut dapat membantu anda untuk mencegah migrain:
  1. Mengenali pencetus migrain dengan membuat buku harian.
  2. Tidur dan beraktivitas secara teratur jangan kuranrg tidur/ kebanyakan tidur.
  3. Makan teratur, dan menghindari makanan yang dapat mencetuskan migrain.
  4. Mengatasi stres dengan cara mengurangi beban pikiran dan melakukan istirahat yang cukup.
  5. Menghindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif
  6. Jauhi faktor pemicu dari sakit kepala.
  7. Konsumsi makanan yang mengandung gandum, jahe, kacang-kacangan dan air.
  8. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama.
  9. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari.
  10. Hindari benda yang bisa menyebabkan bau tajam seperti semprotan tubuh, parfum, bau bahan bakar minyak.
  11. Atur waktu istirahat dengan baik.
  12. Ciptakan lingkungan yang bersih disekitar anda.
Untuk mengatasi migrain juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan, walaupun dapat terjadi efek samping dari ringan sampai sedang. Obat ini juga biasanya agak mahal. Tetapi, obat ini kadangkala efektif untuk mencegah dan mengurangi keparahan migrain, sehingga memperbaiki kualitas hidup. Namun kami sarankan agar anda mengkonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter, agar menjaga terjadi yang tidak di inginkan.

 Anda Harus Segera Hubungi dokter  jika …
  1. Sakit kepala anda semakin hebat atau menjadi lebih serin
  2. Timbul gejala baru
    1. Ada masalah dengan pengobatan anda
    2. Sakit kepala anda tidak membaik dalam 1 atau 2 hari, atau anda sering terbangun pada malam hari.
    3. Anda mengalami sakit kepala setelah aktifitas fisik, aktivitas seksual, batuk, atau bersin
    4. Aktifitas anda terganggu oleh sakit kepala anda.  
    dan anda harus segera ke rumah sakit jika …
    • Anda mengalami sakit kepala sangat hebat yang terjadi tiba-tiba yang tampaknya tidak seperti sakit kepala yang pernah anda alami.
    • Anda mengalami demam dan kaku leher.
    • Anda mengalami mual dan muntah yang hebat sehingga tidak bisa makan atau minum.
    • Kebas, paralisis, atau kelemahan pada wajah, lengan atau kaki yang tiba-tiba.
    • Perubahan penglihatan yang mendadak.
    • Gangguan berjalan atau berdiri.
    • Gangguan berbicara atau memahami kalimat sederhana.
    • Merasa pusing dan oyong.

    Selain cara di atas ada beberapa cara mengobati sakit kepala migrain antara lain:

    • Kompres kepala menggunakan es atau air dingin untuk membantu menyempitkan pembuluh darah.
    •  Istirahat, penderita migrain sangat peka terhadap cahaya maka sebaiknya beristirahat di tempat yang sunyi dan gelap.
    • Hangat di leher. Kelelahan yang terjadi di leher bisa memicu terjadinya migrain, untuk itu istirahat tulang leher tapi sebelumnya kompres dengan air hangat dan memberikan pijatan lembut.
    • Minum obat untuk menghilangkan rasa sakit. Obat penghilang rasa sakit meliputi analgesik, antiaspirin dan antipiretik. Namun, Anda tidak disarankan untuk minum obat secara acak dan sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Baca juga:  Cara Ampuh Mengobati Sakit kepala Migrain Secara Alami
    Nah, selain itu masih ada obat sakit kepala migrain tradisional yang bisa Anda gunakan antara lain:

    1. Teh
    Salah satu obat teradisional sakit kepala migrain adalah seduhan teh.
    Cararanya mudah, pertama seduhlah air teh kental sekitar 3/4 gelas lalu tambahkan 1 sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok makan madu. Campur dengan baik lalu minum hingga habis. Ramuan ini sudah terbukti dapat menyembuhkan sakit kepala termasuk sakit kepala sebelah (migrain) dan ramuan ini aman tnpa efek samping.

    2. Daun Kencur
    Taukah anda? ternyata daun kencur juga dapat di jadikan obat sakit kepala migrain. Bahan-bahannya mudah di dapatkan.
    Caranya, sediakan 3 lembar daun kensur lalu tumbuk sampai halus, lalu ditempelkan di dahi.

    3. bawang putih
    Jarang orang yang tau, ternyata bumbu dapur juga bisa menjadi solusi mengatasi sakit kepala.
    Caranya, ambil bawang putih sebanyak 3 siung kemudian iris/tumbuk sampai halus dan menempel di dahi. Diamkan selama beberapa jam lalu ganti lagi dengan yang baru.

    4. Temulawak
    Temulawak merupakan salah satu obat tradisional yang mampu mengobati beberapa penyakit termasuk migrain.
    Caranya, sediakan beberapa rimpang jahe lalu di iris tipis-tipis, lalu dikeringkan lalu tumbuk sampai menjadi tepung. Ambil jahe yang sudah menjadi 2 genggam tepung, lalu direbus dengan menggunakan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Saring air lalu diminum 3 kali sehari. Selain ramuan sakit kepala juga efektif mengatasi pilek.
    Baca juga: 17 Obat Sakit Kepala Alami dan Tradisional Paling Ampuh


    Demikian informasi tentang mengobat sakit kepala sebelah (migrain) paling ampuh, semoga segala penyakit yang anda derita di angkat oleh ALLAH amiiinnn. Terimakasih telah mengunjungi situs Obat Sakit Kepala  semoga semua informasi yang kami berikan bermanfaat dan dapat membantu Anda yang lagi membutuhkan.
    Artikel terkait;
    1. 10 Obat Alami Sakit Kepala Terpercaya
    2. Obat Sakit Kepala Paling Ampuh di Apotik
    3. Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil Paling Ampuh
    4. Penyebab Sakit Kepala
    5. Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri
    6. Cara Ampuh Menyembuhkan Sakit Kepala Pertigo
    7. Penyebab Sakit kepala Sebelah Kanan Dan Cara Mngatasinya
    8. Macam-Macam Jenis Sakit Kepala Dan Gejalanya
    9. Jenis Obat Sakit kepala Paling Ampuh
    Previous Post
    Next Post

    0 komentar: