Sabtu, 28 Oktober 2017

12 Tanaman Obat Herbal Sakit Kepala Sebelah Dan Bagian Belakang Paling Ampuh

Sakit kepala merupakan suatu keluhan yang dapat menyerang siapa saja tanpa peduli usia, jabatan dan juga profesi. Sakit kepala merupakan serangan ringan yang terasa sakit di kepala yang seringkali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, intensitasnya lebih banyak dibandingkan batuk dan pilek. Seperti serangan penyakit lainnya, sakit kepala dapat muncul sebagai pertanda bahwa tubuh sedang tidak fit, kurang istirahat dan butuh perawatan ringan. Sakit kepala adalah hal yang lazim dan normal.
obat sakit kepala
Sakit kepala memang sangat mengganggu sekali terutama mengganggu pada konstrasi anda. Sakit kepala memang banyak jenisnya, diantaranya yang paling sering terjadi adalah sakit kepala sebelah atau kita sebut juga migrain.

Penyebabnya pun macam-macam, mulai dari gaya hidup yang kurang sehat, stress, kurang tidur dan terlalu cepas. Obat Herbal Sakit Kepala bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit kepala. Tetapi, semua tergantung dari jenis sakit kepala yang dialami. Sebab, ada beberapa jenis sakit kepala yang muncul seperti sakit migren, sakit kepala belakang dan sakit kepala tension. Penanganan serius dibutuhkan jika anda mengalami sakit kepala yang kerap muncul dan terjadi ssecara terus-menerus. Pengobatan bisa dilakukan dengan memanfaatkan resep jamu, tanaman obat, buah, sayuran dan lainnya.
Berikut pembahasan bisa anda pelajari untuk menangani sakit kepala migren dan sakit kepala belakang.

Obat Herbal Sakit Kepala Sebelah Atau Migrain dan Bagian Belakang

Sebetulnya ada banyak Obat Herbal Sakit Kepala yang dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala sebelah dan belakang, namu berikut ini kami akan mnyampaikan sebagiannya saja.

1. Kencur

Kencur adalah salah satuobat herbal yang bisa dijadikan sebagai obat mengatasi sakit kepala. Kencur memang kerap dijadikan sebagai bahan rempah-rempah masakan yang membuat cita rasa menu masakan yang hendak dijadikan menjadi lebih khas. Untuk menggunakan kencur sebagai Obat Herbal Sakit Kepala, berikut sangat mudah.
Caranya:
  1. Siapkan 2-3 daun kencur dan kemudian ditumbuk sampai benar-benar halus. 
  2. Hasil tumbukan kencur bisa digunakan untuk olesan atau kompres di bagian dahi dan pelipis.

2. Kentang

Tidak hanya muncul karena kurang cairan atau dehidrasi, sakit kepala juga bisa muncul dikarenakan elektrolit dalam tubuh seperti misalnya kalium ikut hilang. Solusinya adalah dengan rajin makan kentang. Kentang sangat kaya dengan kalium sehingga bisa dimakan secara direbus atau dibakar, asal tidak digoreng untuk mengembalikan elektrolit tubuh.

3. Melati

Selain kencur, melati juga dapat dijadikan obat herbal sakit kepala kepal sebelah dan belakang, bahkan daun melati juga sangat cocok untuk mengatasi sakit kepala berat.
Caranya:
  1. Siapkan 1 genggam daun melati dan juga 10 bunga melati.
  2. Remas daun dan bunga melati yang sudah bersih dan kemudian di rendam dalam air yang ada dalam mangkok. 
  3. Air hasil rendaman dari bunga dan daun melati tersebut bisa digunakan untuk bahan kompres di dahi atau di area yang terasa sakit.

4. Temulawak

Jarang orang yang tau, ternyata temulawak dapat mengatasi sakit kepala, bahkan ramuan ini telah terbukti dan teruji dapat mengatasi sakit kepala sebelah dan belakang. Bahan dan cara pembuatannya pun sangat mudah.
Caranya:
  1. Ambil beberapa rimpang temulawak sesuai kebutuhan dan kemudian diiris tipis. 
  2. Rimpang temulawak yang sudah diiris tipis bisa dikeringkan. 
  3. Tumbuk sampai halus seperti tepung. 
  4. Ambil paling tidak 2 genggam tepung temulawak tersebut dan kemudian direbus hingga mendidih dengan campuran air 4 sampai 5 gelas. 
  5. Jika sudah mendidih dan tersisa sekitar 3 gelas, saring kemudian minum ramuan ini untuk menghilangkan sakit kepala.

5. Lenglengan

Terkadang lenglengan disebut daun setan dan dalam istilah bahasa jawa disebut plengan.
Lenglengan juga dapat di jadikan solusi untuk mengobati sakit kepala sebelah dan belakang.
Caranya:
  1. Cuci terlebih dahulu lenglengan sampai benar-benar bersih, kemudian giling hingga halus. Campurkan lenglengan dengan 1 cangkir air bersih dan gunakan sebagai bahan untuk kompres. 
  2. Anda bisa menggunakan handuk kecil yang sudah dilengkapi dengan Obat Herbal Sakit Kepala ini.

6. Ubi kayu

Ubi kayu bisa anda gunakan untuk Obat Herbal Sakit Kepala.  Ubi kayu seringkali ditanam oleh banyak orang untuk diambil umbinya. Umbi dari ubi kayu bisa dimasak untuk dijadikan aneka kudapan atau camilan seperti keripik atau kue basah.
Caranya:
  1. Siapkan 3 lembar daun ubi kayu.
  2. Tumbuk sampai benar-benar halus.
  3. Kompreskan di bagian dahi.

7. Teh

Selain pule pandak teh juga dapat di jadikan Obat Herbal Sakit Kepala , dan caranya sangat mudah.
Caranya:
  1. Buat teh kental sebanyak ¾ cangkir dan dicampur dengan air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh. Tambahkan juga madu sebanyak 1 sendok makan.
  2. Campur semua bahan ini sampai benar-benar merata dan minum langsung. 
  3. Buat ramuan ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.
Perlu anda ingat.
Tidak boleh minum 5 cangkir teh setiap hari, sebab kandungan kafein menjadi 600 mg yang menyebabkan keracunan kafeina kronis.

8. Bawang putih

Bawang putih bukan hanya berfungsi sebagai bumbu dapur atau rempah-rempah, tapi dapat anda gunakan untuk meredakan sakit kepala sebelah dan belakang. Ada manfaat luar biasa yang anda bisa dapatkan dari bawang putih seperti untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, mengatur dan menurunkan tekanan darah tinggi, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, mencegah resiko serangan jantung dan lainnya.
Caranya:
  1. Siapkan bawang putih dan bersihkan. 
  2. Tumbuk bawang putih sampai halus.
  3. Kemudian dikompres di dahi.

9. Halia

Sakit kepla juga dapat anda atasi dengan menggunakan tanaman halia. Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala baik sakit kepala belakang atau migrain.
Caranya:
  1. Sediakan 2 hingga 3 daun halia. 
  2. Tumbuk daun tersebut sampai benar-benar halus. 
  3. Campurkan dengan sedikit air. 
  4. Kompres bahan ini di area dahi. 
  5. Lakukan obat herbal sakit kepala belakang ini secara rutin sampai sembuh.

10. Bunga kenanga

Ke sepuluh yang dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala adalah bunga kenanga, adapun bahan dan cara pembuatannya berikut di bawah ini.
Caranya:
  1. Sediakan 15 gram bunga kenanga, 15 gram jahe, 400 cc air.
  2. Cuci bersih jahe, kemudian iris dan rebus bersama bunga kenanga dalam 400 cc air hingga tersisa setengahnya.
  3. Minum airnya ketika masih hangat (bukan panas).

11. Pule pandak

Perlu anda ketahui bahwa pule pandak juga bisa digunakan sebagai Obat Herbal Sakit Kepala berat seperti yang anda rasakan saat ini. Obat ini juga bisa ditemukan dalam bentuk tablet yang biasanya dikenal dengan Reserpin, Ancom dan tablet Maishujing.
Caranya:
  1. Siapkan akar pule pandak sebanyak 10 sampai 15 gram.
  2. Rebus dengan 3 gelas air, biarkan hingga mendidih sampai air rebusan hanya tersisa sekitar 1 gelas. Jika sudah dingin saring obat ini dan diminum sebanyak 2 kali sehari yaitu setengah gelas untuk pagi dan setengah gelas untuk sore.
Bagi anda yang memiliki masalah lambung dan tidak disarankan meminum ramuan ini jika badan dalam kondisi lemah. Sebab, pule pandak dapat memicu asam lambung dan bahkan menyebabkan pendarahan pada lambung.

12. Daun alpukat

Terakhir Obat Herbal Sakit Kepala yaitu daun alpukat. Ramuan ini juga mampu mengobati sakit kepala berat dan sakit kepala berat.
Caranya:
  1. Daun alpukat secukupnya
  2. Seduh daun alpukat dalam 1 gelas air panas.
  3. Setelah dingin keluarkan daunnya lalu minum airnya sampai habis.
Baca juga: 10 Makanan Sehat Penyembuh Sakit Kepala

Penyebab Sakit Kepala

Sebelum kami mengakhiri artikel ini, kami akan membahas beberapa penyeb sakit kepala.
Terdapat sejumlah alasan logis kenapa seseorang bisa terkena sakit kepala, baik itu migrain ataupun cluster. Setidaknya terdapat beberapa penyebab sakit kepala yang mungkin tidak Anda duga.

1. Radiasi HP
Beberapa merek ponsel tertentu ada yang mengeluarkan sinyal begitu kuat sehingga jika terlalu lama berdekatan dengan Anda bisa menggnggu saraf pada kepala sehingga mengakibatkan rasa sakit.

2. Bangku kerja
Mungkin Anda tak menduga hal ini. Karena jarang terpikirkan, keadaan bangku kerja yang terlalu keras membuat Anda tak nyaman untuk bekerja. Ketika tubuh tak nyaman akan memancing ketegangan di punggung atas, bahu dan leher. Ketegangan itulah yang berpotensi membuat seseorang mengalami sakit kepala.

3. Bekerja ekstra
Tidak baik jika otak dipaksa terus menerus untuk bekerja. Bekerja yang kelewat waktu bahkan hingga lembur dapat meningkatkan tekanan pada saraf motorik otak. Tekanan tersebut akan memaksa neurotransmitter untuk terus beroperasi sehingga berakhir pada sakit kepala karena ia mentransfer impulks ke pembuluh darah yang kemudian membesar ukurannya.

4. Gerakan atau postur tubuh yang salah
Misalnya menjepit telepon diantara telinga dan pundak, duduk dengan kursi tanpa penyangga punggung, jarak pandang yang terlalu dekat atau terlalu jauh (misalnya pada monitor atau tv).

5. Zat tiramin
Atau zat yang terkandung didalam makanan yang proses pembuatannya memakan waktu lama, misalnya keju (termasuk blue cheese, keju cheddar, keju parmesan dan keju Swiss). Semakin lama proses pembuatan makanan tersebut, semakin banyak kandungan tiramin didalamnya. Tiramin juga banyak terdapat pada minuman beralkohol, dan kandungan alkohol tersebut juga dapat meningkatkan tekanan darah ke otak sehingga membuat Anda semakin pusing.

6. Melewatkan makan
Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong, hindari mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, karena akan memperparah kadar gula darah. Belum lagi pada penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat memberikan efek sakit kepala.

7. Dehidrasi
Kurangnya cairan juga dapat berdampak pada keseimbangan sel dalam tubuh kita, yang dapat memberikan manifestasi berupa sakit kepala.

8. Asap rokok
Nikotin yang terkandung didalamnya menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. Terutama bagi penderita migrain, asap rokok akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, bahkan akan berpengaruh juga pada mata dan hidung. Dan masih banyak lagi, bisa anda baca: Penyeb Sakit Kepala
Baca juga: Cara Mencegah Sakit Kepala
Itulasan ulasan mengenai 12 Tanaman Obat Herbal Sakit Kepala Sebelah Dan Bagian Belakang Paling Ampuh, apabila cara di atas sudah di lakukan, tetapi sakit kepala anda tidak kunjung sembuh maka kami sarankan agar anda cepat berkonsultasi dengan dokter. Terimakasih Anda telah berkunjung ke situs Obat Sakit Kepala. Smoga artikel ini bermanfaat.
Previous Post
Next Post

1 komentar: